logo


Surya Paloh Lakukan Pertemuan Parpol Koalisi, Pengamat Nilai: Mungkin Masuknya Gerindra ke....

“Ada beberapa hal yang bisa ditafsirkan atas pertemuan tersebut apabila merujuk pada perkembangan faktual yang berkembang pada hari ini"

23 Juli 2019 12:31 WIB

Direktut Eksekutif Lingkar Madani (LIMA), Ray Rangkuti.
Direktut Eksekutif Lingkar Madani (LIMA), Ray Rangkuti. Jitunews/Khairul Anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pengamat Politik dari Lingkar Madani (LIMA), Ray Rangkuti menilai pertemuan antara Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem, Surya Paloh dengan beberapa ketum dalam koalisi 01 bukanlah pertemuan biasa.

“Ada beberapa hal yang bisa ditafsirkan atas pertemuan tersebut apabila merujuk pada perkembangan faktual yang berkembang pada hari ini,” ujar Ray di Jakarta, Selasa (23/7).

Baca Juga: Diduga Menghina dan Lecehkan Aceh, Senator Aceh Laporkan Denny Siregar ke Kepolisian


Pasca Pertemuan Jokowi-Prabowo, Gerindra Diprediksi Dapat 3 Kursi Penting, Apa Saja?

Mana yang Lebih Baik, Sarapan Setelah atau Sebelum Olahraga? Ini Menurut Penelitian

Menurutnya, hal yang pertama adalah perkembangan politik yang mengarah pada masuknya Gerindra dalam koalisi. Ada 4 partai yaitu Partai NasDem, Golkar, PPP dan PKB yang mulai menyusun sikap apakah akan menerima Gerindra atau menolaknya.

“Lebih khusus jika rekonsiliasi dimaksudkan untuk berbagi kursi kabinet yang bisa jadi dianggap hanya membuat jatah partai-partai yang ada akan berkurang,” tuturnya.

Kemudian hal kedua adalah kesolidan 4 partai tersebut dengan mengecualikan PDIP dengan partai-partai non parlemen.

Srimulat Dituduh Gembong Narkoba, Tarzan Srimulat Emosi, "Kalau Dilaporkan Polisi, Kena Itu"

Menurutnya, soliditas ini dapat dimaknai sebagai blok sendiri dalam koalisi 01. Blok parlemen dipimpin Nasdem dan blok non parlemen yang kiranya akan merapat ke PDIP.

“Target blok-blok ini tak lain saling memperkuat posisi masing-masing demi mendapatkan apa yang menurut mereka wajar mereka dapatkan,” kata Ray.

Terkait mengapa NasDem yang jadi tuan rumah. Ray mengatakan hal ini berkaitan dengan senioran saja. Surya Paloh adalah paling senior di antara 4 ketum parpol yang ada.

Tak Disangka, Buah Murah Ini Terbukti Bisa Bersihkan Paru-paru dari Asap Rokok

“Tentu tarik menarik kekuatan blok ini akan menarik terus dicermati di masa yang akan datang. Khususnya terkait dengan dua isu yang akan mereka hadapi,” tuturnya.

“Dua isu itu yakni kemungkinan masuknya Gerindra ke dalam koalisi 01 dan siapa yang disiapkan untuk menjadi ketua MPR di antara mereka. Jadi, kita akan melihat bagaimana liuk-liuk partai ini sampai Oktober yang akan datang,” tukasnya.

Minta Jatah 55:45, Pengamat ke Amien Rais, "Gak Pernah Konsisten, Ujungnya Minta Bagian Kekuasaan Juga"

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Nugroho Meidinata