logo


Mana yang Lebih Baik, Sarapan Setelah atau Sebelum Olahraga? Ini Menurut Penelitian

Penasaran?

23 Juli 2019 10:41 WIB

Jalan kaki
Jalan kaki Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Berolahraga adalah salah satu aktivitas yang mampu membakar kalori di dalam tubuh. Dan sebaiknya, olahraga dilakukan pada pagi hari.

Nah, mungkin dari beberapa Kawan Jitu bertanya-tanya, sebaiknya sarapan sebelum atau sesudah olahraga ya?

Baca Juga: Srimulat Dituduh Gembong Narkoba, Tarzan Srimulat Emosi, "Kalau Dilaporkan Polisi, Kena Itu"


Simak! Ini Olahraga yang Dilarang untuk Penderita Diabetes, Jika Masih Dilakukan Bisa Alami Kebutaan

Tak Disangka, Buah Murah Ini Terbukti Bisa Bersihkan Paru-paru dari Asap Rokok

Sebuah studi di Inggriss yang dimuat oleh American Journal of Physiology: Endocrinology and Metabolism yang telah diwartakan Rakyatku.com (23/7), menghasilkan temuan baru bahwa sarapan sebelum olahraga pagi akan memicu tubuh untuk lebih banya membakar karbohidrat saat berolahraga. Bahkan, juga bisa mempercepat penyerapan nutrisi usai berolahraga.

Penelitian yang melibatkan 12 pria sehat ini dilakukan dengan pembagian 2 kelompok. Kelompok pertama saaran bubur susu  2 jam sebelum olahraga bersepeda. Sementara kelompok kedua diberi makanan yang sama tetapi usai dikonsumsi usai bersepeda.

Hasilnya, kadar gula darah dalam otot para pria ini, sarapan sebelum olahraga meningkatkan kemampuan tubuh membakar kalori saat olahraga. Bahkan bisa meningkatkan kemampuant tubuh untuk mencerna dan mengolah makanan yang dikonsumsi setelah olahraga usai.

Kamu Jarang Mandi Sore? Awas, Bahaya Ini Mengintaimu!

Hal tersebut dapat disimpulkan, sarapan sebelum berolahraga akan membuat tubuh mempunyai kemampuan lebih besar untuk menyimpan nutrisi dibanding kamu sarapan usai berolahraga.

Sudah Olahraga dan Konsumsi Makanan Sehat, Kolesterol Tetap Tinggi? Ternyata Ini Penyebabnya

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata