logo


Tuan Guru Bajang: Bagaimana Mungkin Kita Bisa Yakinkan Orang Tentang Hebatnya Indonesia...

Ada apa dengan TGB?

23 Juli 2019 07:02 WIB

TGH Muhammad Zainul Majdi.
TGH Muhammad Zainul Majdi. Instagram @tuangurubajang

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Beberapa waktu lalu, mantan Gubernur NTB, Muhammad Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) berkunjung ke Boyolali, Jawa Tengah.

Di sana, TGB mempunyai cerita yang dapat diambil pelajaran. Cerita itu pun diungkap di akun Instagram-nya pada Senin malam (22/7).

Baca juga: Mengejutkan! Kaesang Mengaku Kecewa Karena Tidak Bisa...


Akhirnya Terungkap! Inilah 5 Persamaan Jokowi dan Sudjiwo Tedjo!

tuangurubajang: Saat silaturahim di Raudhatul Maarif, Sendanglo Boyolali, Ustad Qowi tanya saya, "Tuan Guru, saya bingung santri baru dan orangtuanya kalau kesini nangis terus. Sedih karena pisah. Saya jadi sering ikut nangis. Bagaimana ya caranya supaya mereka senang dan betah tinggal disini?"

Saya katakan, "Ada kaidah faaqidussay'i laa yu'tiihi. Yang tidak punya tak mungkin memberi". Tak punya ilmu, tak mungkin berbagi ilmu. Tak punya adab, tak mungkin membagi akhlak.

Kalau Ustadz sendiri ikut nangis, bagaimana mungkin bisa membuat mereka tertawa? Untuk berbagi kebahagiaan, kita harus bahagia dulu. °

Kemudian, tokoh yang hapal Alquran ini mengaitkannya dengan Indonesia.

tuangurubajang: Saya lalu ingat Indonesia kita. Bagaimana mungkin kita bisa yakinkan orang tentang hebatnya Indonesia kalau kita sendiri tak yakin pada diri kita.

Bagaimana mungkin bangsa lain takzim kepada kita, kalau sesama kita saling menjatuhkan.

Baca juga: Mengejutkan! Kaesang Mengaku Kecewa Karena Tidak Bisa...

Yang lebih aneh, sebagian kita suka bermurah hati memuji pemimpin dan bangsa lain, sedangkan kepada pemimpin dan bangsa sendiri sangat sulit mengapresiasi.

Tak Disangka! B.J. Habibie adalah Presiden Paling...

Halaman: 
Penulis : De Sukmono