logo


Soal Ketua MPR, PDIP Minta Semua Fraksi Sodorkan Nama

Hendrawan menyebutkan tiga kemungkinan dalam konstelasi pemilihan pimpinan MPR

22 Juli 2019 18:45 WIB

Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno.
Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno. dok. dpr.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota MPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Hendrawan Supratikno meminta kepada fraksi-fraksi di MPR untuk mulai mewacanakan gagasan dan konsep besar yang akan dilakukan dan program strategis yang dikerjakan bila terpilih sebagai pimpinan MPR periode 2019-2024.

“Dalam isu pimpinan MPR, PDI Perjuangan lebih mengedepankan program strategis untuk MPR periode 2019–2024,” ujarnya di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/7).

Hendrawan mendorong semua fraksi menyodorkan nama yang sesuai kriteria dan rekam jejak yang baik untuk pimpinan MPR agar mempermudah komunikasi politik.


Gerindra Ingin Ketua MPR yang Bisa Menyatukan Program Jokowi dan Prabowo

“Pimpinan MPR harus orang yang memahami konstitusi, sejarah evolusi dan ruh marwah Pancasila,” tuturnya.

Dalam hal ini, Hendrawan menyebutkan tiga kemungkinan dalam konstelasi pemilihan pimpinan MPR. Pertama, pimpinan MPR akan dipilih secara aklamasi atau musyawarah dan mufakat. Namun, untuk mencapai aklamasi tergantung pada figur ketua MPR. Dia mencontohkan figur Taufiq Kiemas yang terpilih sebagai Ketua MPR secara aklamasi pada tahun 2009.

“Apakah kita punya figur seperti Taufiq Kiemas yang menjadi jembatan kebangsaan? Dilihat dari nama-nama yang beredar, sepertinya agak sulit untuk dilakukan secara aklamasi,” kata Hendrawan.

Soal Perebutan Kursi Pimpinan MPR, Ini Kata NasDem

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata