logo


Dengan S-PIRT, Kemenkop Dorong Standarisasi Produk UKM

Kementerian Koperasi dan UKM terus berupaya meningkatkan daya saing produk UMKM

22 Juli 2019 14:30 WIB

Sekretaris Kemenkop dan UKM, Prof Rully Indrawan
Sekretaris Kemenkop dan UKM, Prof Rully Indrawan Kemenkop UKM

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kementerian Koperasi dan UKM terus berupaya meningkatkan daya saing produk UMKM khususnya yang bergerak di sektor makanan dan minuman (mamin) berskala pangan rumah tangga, namun banyak produk mamin yang dihasilkan UKM yang belum memenuhi standar sesuai dengan peraturan perundang-undangan di bidang pangan.

Sekretaris Kemenkop dan UKM, Prof Rully Indrawan, mengatakan apabila proses produksi pengelolaan pangan dilakukan secara berkesinambungan, maka perlu diupayakan standarisasi melalui sertifikasi pangan industri rumah tangga (S-PIRT) bagi UKM.

Menurutnya, dengan adanya sertifikasi tersebut dapat mempengaruhi nilai jual atau daya saing.


Kementerian Koperasi dan UKM: Terjadi Peningkatan Kontribusi Perempuan pada Ekonomi Indonesia

“Legalitasnya juga tidak diragukan lagi. Kualitas produk atau olahan pangannya pun juga terjamin sehingga aman dan sehat untuk dikonsumsi, serta menjamin keselamatan konsumen,” ujar Rully dalam siaran pers yang diterima Jitunews.com, Senin (22/7).

Rully menambahkan dengan adanya standarisasi S-PIRT produk UMKM dapat memperluas jangkauan pemasarannya. Tidak lagi skala rumahan tetapi juga bisa merambah toko ritel, super market bahkan ekspor.

Selain itu juga memiliki manfaat lain, yaitu dengan standarisasi pangan sesuai kaidah yang berlaku, dapat memberikan manfaat kesehatan bagi konsumen.

“Setiap manusia memiliki hak asasi dalam pemenuhan pangan yang aman dan bermutu. Tentunya bahan atau olahan yang dihasilkan oleh industri rumah tangga pangan harus sehat dan aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat secara massif sesuai UU Pangan,” tukasnya.

Kemenkop UKM: Koperasi yang Sudah Tidak Aktif Akan Segera Dibekukan Badan Hukumnya

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata