logo


Tips dan Trik Agar Tak Salah Pilih Oli Motormu

Berikut ulasannya

22 Juli 2019 13:07 WIB

ilustrasi
ilustrasi
dibaca 118 x

ilustrasi

Didukung dengan bermacam teknologi canggih nan modern, memang benar sepeda motor masa kini telah berkembang dengan pesat entah itu kinerja maupun teknologi yang diterapkan didalamnya. Namun dalam hal perawatan dan pemeliharaan kita harus tetap ikut turun tangan untuk mengatasi hal tersebut, Terlebih lagi pada bagian oli mesin.

Bahan penting untuk melumasi komponen dalam mesin agar terindar dari gesekan dan menjaga mesin agar tetap awet, yang terbuat dari bahan khusus untuk mencegah benturan antar logam pada bagian dalam mesin.


5 Aliansi Bajak Laut Terkuat Sepanjang Sejarah One Piece

Sebelum memutuskan pilihan oli mesin yang ingin digunakan, pengetahuan seputar oli mesin pada motor yang digunakan merupakan salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan. Pada motor matik, terdapat spesifikasi dan formulasi pada oli yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan aktivitas dan jenis kendaraan yang digunakan.

Beberapa tips berikut bisa anda terapkan untuk memilih oli yang tepat untuk motor matik anda.

1. Menyesuaikan dengan rutinitas yang kerap dijalani

ilustrasi

Ketika kendaraan yang anda gunakan kerap dikendarai dijalur-jalur kemacetan yang padat, kemudian hal itu membuat motor sering berhenti ditengah jalan. Disarankan untuk menggunakan oli yang memiliki zat aditif didalamnya.

Penggunaan oli yang mengandung zat aditif dapat mengurangi panas berlebih pada mesin motor anda.

2. Kekentalan yang sesuai

ilustrasi

Untuk jenis motor bebek dan matik tentu memiliki kekentalan oli yang jelas berbeda, untuk itu anda tidak bisa sembarangan mengaplikasikan jenis oli yang berbeda dari oli yang seharusnya digunakan pada mesin motor matik anda.

Pilihlah oli mesin dengan kekentalan API SL (Standart American Petroleum Institute) L yang sesuai untuk kebutuhan motor matik anda.

3. Oli yang berkualitas

Pilih oli bersertifikat API dan JASO. Sertifikat API merupakan bukti bila oli sudah diuji oleh American Petroleum Institute yang telah diterapkan di eropa.

Serangkan sertifikat JASO merupakan bukti bila kualitas oli sudah di cek dan diterapkan pada masyarakat oleh Japanese Automotive Standar Association di jepang.

Ditulis oleh: Rizky Pratama

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

5 Tips Mudah Rawat Kulit Wajah Agar Tetap Sehat

Halaman: 
Admin : Raka Kisdiyatma