logo


Kursi Ketua MPR Diincar Gerindra, PKB: Kami Lebih Pantas

PKB merasa lebih pantas mendapatkan kursi Ketua MPR dan mempersilakan Gerindra untuk bermimpi di posisi tersebut.

20 Juli 2019 13:06 WIB

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid
Wakil Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid Fraksipkb

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Partai Gerindra tengah mengincar posisi Ketua MPR sebagai bentuk rekonsiliasi pascapilpres 2019. Menanggapi hal itu, PKB merasa lebih pantas mendapatkan kursi Ketua MPR dan mempersilakan Gerindra untuk bermimpi di posisi tersebut.

"PKB pastinya begitu (lebih pantas), karena banyak pengamat menyampaikan juga supaya ada kira-kira ada kombinasi agamis-nasionalis," ujar Ketua DPP PKB Jazilul Fawaid saat dikonfirmasi, dilansir dari detikcom, Sabtu (20/7).

Menurut Jazilul, kombinasi agamis-nasionalis yakni Ketua DPR dipegang parpol nasionalis dan Ketua MPR dipegang oleh parpol agamis. Selain karena partai agamis, PKB pantas di posisi itu karena berada di koalisi Jokowi-Ma'ruf yang mayoritas menguasai kursi parlemen.


Catat! Inilah 10 Rekor Jusuf Kalla Selama Berkiprah di Politik dan Pemerintahan!

"Jadi di MPR agamis, di DPR-nya nasionalis, jadi pas. Artinya PKB lebih pantas, pertama menang di koalisi, kan bareng-bareng Pak Jokowi kalau nanti di pembicaraan koalisi oke. Yang kedua dari sisi peta Indonesia itu pas dari sisi agamis-nasionalis," katanya.

Untuk mendapatkan kursi Ketua MPR tersebut, Jazilul mengatakan jika partainya mendorong ketum Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Dia pun belum mengetahui siapa sosok yang didorong oleh Gerindra untuk menduduki kursi Ketua MPR.

"PKB kan jelas, Cak Imin yang kita harapkan, kita dorong. Saya tidak tahu Gerindra itu siapa (yang diajukan), intinya ya itu mimpinya Gerindra," tuturnya.

Jazilul tak masalah jika Gerindra juga mengincar posisi Ketua MPR. Namun Jika melihat peta politik yang ada, menurutnya tidak pada tempatnya Gerindra bermimpi mendapatkan kursi Ketua MPR.

"Itu urusannya Gerindra berkeinginan, bermimpi, atau apa saja terserah Gerindra. Tetapi kan ujungnya gerindra ternyata pingin ngincar-ngincar juga, ya sudah lah akhirnya dia pingin silakan saja berjuang," ucapnya.

Gerindra Incar Ketua MPR, PDIP Cari Figur Mirip Taufik Kiemas

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu