logo


Viralnya FaceApp Mengundang Kekhawatiran Arab Saudi

Arab Saudi sampai memberi peringatan warganya agar tak memakai aplikasi pengubah wajah jadi tua tersebut.

20 Juli 2019 11:29 WIB

FaceApp
FaceApp Forbes

JAKARTA, JITUNEWS.COM -Aplikasi FaceApp saat ini tengah populer. Sayangnya, aplikasi yang bisa mengubah wajah ini diterpa isu soal privasi data pengguna. Arab Saudi sampai memberi peringatan warganya agar tak memakai aplikasi pengubah wajah jadi tua tersebut.

Secara spesifik, peringatan tersebut dilontarkan oleh The National Cybersecurity Authority (NCA), otoritas keamanan siber Arab Saudi, terkait potensi pelanggaran data pribadi pada FaceApp, yang belakangan ini juga viral di media sosial dengan tagar #agechellange.

NCA menyoroti bahwa foto-foto yang dipakai untuk aplikasi tersebut dapat disalahgunakan. Selain itu NCA juga mewanti-wanti agar pengguna FaceApp tidak memberi akses ke gambar pribadi milik mereka.


Fokus pada Smartphone Flagship, Oppo Tak Lagi Rilis Produk 'Murah'?

Muhammad Khurram Khan, seorang profesor cybersecurity dari King Saud University, mengatakan bahwa saat ini banyak orang yang kepincut dengan beberapa aplikasi di ponsel untuk hiburan tanpa memperdulikan dampak yang bisa merenggut privasi mereka, di mana itu bisa digunakan untuk tujuan jahat yang tidak diketahui.

"FaceApp, aplikasi penuaan wajah dan banyak aplikasi serupa lainnya sedang tren dan digunakan oleh pengguna seluruh dunia tanpa memperhatikan persyaratan layanan aplikasi dan hak-hak mereka sendiri," ujar Khan dikutip dari Arab News melalui detikINET, Sabtu (20/7).

Khan melanjutkan kebijakan privasi FaceApp dinilai tidak jelas, bagaimana mereka bisa melindungi data pengguna, meski perusahaan mengklaim data apapun yang dikumpulkan tidak digunakan untuk mengindentifikasi setiap pengguna tertentu.

"Ini bukan hanya tentang satu foto yang diunggah pengguna untuk bersenang-senang, tetapi persyaratan layanan FaceApp yang tampaknya memungkinkan pengguna untuk memberikan akses ke semua foto yang disimpan dan tidak ada yang tahu kapan dan dengan siapa data ini dibagikan atau digunakan," tuturnya.

Akun Instagrammu Bakal Dihapus Jika Langgar Aturan Ini

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu