logo


5 Cara Mudah Ambil Screenshot di Komputer atau Laptopmu

Berikut ulasannya

19 Juli 2019 19:54 WIB

ilustrasi
ilustrasi
dibaca 210 x

ilustrasi

Terkadang ketika sedang surfing diinternet menggunakan komputer seringkali kita menemukan hal-hal yang menarik dan ingin mengabadikan hal tersebut, terkadang disitulah fitur ‘screenshot’ sangat diperlukan. Cara tersimpel untuk melakukan hal tersebut adalah dengan menekan tombol PrtScr (print screen), tetapi kerap sekali saat hendak melakukan screenshot kita tetap tidak bisa mengambil gambar walaupun tombol tersebut sudah ditekan berulang kali.

Untuk kamu yang belum tahu dan mungkin ingin mengetahuinya, berikut cara lain untuk mengambil screenshot di komputer kamu. Simak cara berikut.


One Piece Chapter 949: Sajikan Aksi Kepemimpinan Monkey D. Luffy

1. Menggunakan tombol Alt + PrtScr

ilustrasi

Cara ini bisa kalian gunakan untuk mengambil gambar dari tampilan jendela yang sudah kalian pilih. Caranya yaitu dengan menekan kombinasi Alt dan PrtScr dengan bersamaan.

Untuk melihat hasilnya, buka aplikasi paint dan paste-kan hasil screenshot yang telah diambil dengan menekan tombol Ctrl + V. setelah hasil terlihat dilayar kalian hanya tinggal menyimpan gambar tersebut dengan menekan tombol save atau ikon gambar disket pada bagian kiri atas.

2. Menggunakan tombol windows + PrtScr

ilustrasi

Cara yang paling cepat dan efisien untuk mengambil screenshot, Karena tidak perlu ribet menyalin gambar hasilnya di Microsoft paint. Tapi untuk pengecualian, cara ini hanya bisa dilakukan di windows 10 atau versi yang berada diatasnya.

Dengan menekan tombol windows (ikon berbentuk jendela/kotak) di bagian keyboard bersamaan dengan menekan tombol PrtScr hingga layar berkedip untuk mengecek hasil gambar kalian bisa langsung mengecek difolder penyimpanan C:Users(nama user)->pictures->screenshots.

3. Menggunakan tombol windows + shift + S

ilustrasi

Dengan kombinasi ini layar komputer akan berwarna abu-abu dan kursor akan berubah menjadi tanda “+” kalian bisa memilih pada bagian layar mana yang akan diambil screenshot.

Hasil screenshot akan dipilih dan disimpan ke clipboard. Untuk melihat hasil kalian bisa membukanya di aplikasi Microsoft paint seperti pada cara pertama.

4. Menggunakan snipping tools

ilustrasi

Aplikasi ini termasuk dalam aplikasi bawaan windows, yang sudah ada bersamaan dengan dirilisnya windows vista. Aplikasi ini mampu mengambil screenshot dengan labih fleksibel.

Untuk menggunakannya buka snipping tools, kemudian pilih opsi new dan jika ingin menggunakan bentuk lain pilih tanda panah yang berada pada sisi kirinya.

Lalu pilih bagian layar mana yang ingin diambil screenshot, lalu hasil screenshot akan ditampilkan kemudian kalian bisa menyimpannya dengan meng-klik ikon disket di bagian kiri atas.

5. Menggunakan game bar.

ilustrasi

Fitur game bar dari windows yang bisa kita gunakan untuk mengambil cuplikan ataupun screenshot dari game yang kita mainkan. Sebelum bisa digunakan kalian harus membuka aplikasi XBOX yang termasuk dalam aplikasi bawaan windows 10.

Buka pengaturan di aplikasi tersebut, dan cari opsi Game DVR. lalu klik pilihan "Take screenshots using Game DVR". Tekan kombinasi Windows + G, atau kombinasi tombol pilihan kalian sendiri untuk membuka Game Bar.

saat ingin mengambil screenshot, tekan Windows + G atau tombol pilihan kalian, dan klik kotak "Yes, this is a game" jika muncul. Setelah itu klik ikon kamera yang ada atau tekan Windows + Alt + PrtScr untuk mengambil screenshot. Hasil screenshot dapat diilihat di C:Users(nama user)Videos->Captures.

Berikut tadi adalah cara lain yang bisa kamu gunakan untuk mengambil screenshot pada komputer kamu, kamu bisa memilih cara yang paling gampang dan simpel.

Ditulis oleh: Rizky Pratama

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Hingga Chapter 949, Inilah 7 Karakter Terkuat di Arc Wanokuni

Halaman: 
Admin : Raka Kisdiyatma