logo


DPR Kritisi Langkah Pemerintah Gandeng Traveloka dan Tokopedia dalam Bisnis Umrah Digital

Berikut ulasannya

19 Juli 2019 15:03 WIB

Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta.
Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta. dpr.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta mengkritisi langkah pemerintah yang melakukan MoU dengan Pemerintah Arab Saudi dengan menggandeng Traveloka dan Tokopedia untuk merambah bisnis umrah digital.

Menurutnya pemerintah harus memikirkan UMKM biro umrah yang jumlahnya mencapai 1000 lebih di seluruh Indonesia. Kominfo harusnya lebih urgent memberdayakan biro haji umrah yang ada dengan digitalisasi dari pada menggandeng 2 unicorn yang sudah menjadi raksasa tersebut.

"Unicorn mau merambah bisnis umrah? Kalau iya, mau dikemanakan nasib UMKM biro penyelenggara umrah?” ujar Sukamta di Jakarta, Jumat (19/7).


DPR Tolak Keterlibatan Tokopedia dan Traveloka dalam Bisnis Umroh

Sekretaris Fraksi PKS ini menjelaskan bahwa yang harus dipastikan terlebih dahulu apa bentuk MoU tersebut. Apakah Traveloka dan Tokopedia akan membentuk biro penyelenggara umrah.

Dia juga menanyakan apa motif Pemerintah RI dalam hal ini Kominfo hanya menggandeng Traveloka dan Tokopedia? Padahal ada platform yang lain seperti Bukalapak dan juga mungkin Gojek.

“Pemerintah dalam hal ini Kominfo harus menjelaskan kepada publik mengenai hal ini,” kata dia.

Menurutnya jika memang Traveloka dan Tokopedia akan menjadi penyelenggara perjalanan ibadah umrah, maka itu tidak tepat. Pasalnya tidak mudah untuk menjadi biro penyelenggara ibadah umrah.

“Harus mendapat izin dari Kementerian Agama, harus diakreditasi dan dievaluasi secara berkala oleh Menteri Agama. Hal ini diatur dalam Undang-undang No. 8 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah (PIHU),” jelasnya.

Selain itu, lanjut Sukamta, jika Tokopedia dan Traveloka menjadi biro penyelenggara haji dan umrah, maka ini berpotensi mematikan 1.016 biro penyelenggara umrah yang tersebar di seluruh Indonesia yang bisa menciptakan angka pengangguran baru.

Sodik Sebut Ketua MPR dari Gerindra dan Ketua DPR dari PDIP

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Raka Kisdiyatma