logo


6 Tips Jitu untuk Bedakan Busi Asli dan Palsu

Berikut ulasannya

19 Juli 2019 14:40 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Istimewa
dibaca 1777 x

Busi merupakan salah satu bagian kendaraan bermotor yang sangat penting, sebagai pemercik api guna memulai proses pembakaran pada mesin. Banyaknya penggunaan kendaraan bermotor pada sekarang jaman sekarang ini, tentu saja penggunaan suku cadang motor semakin banyak juga. Dikesempatan itulah banyak juga oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang menggunakan kesempatan ini untuk memperoleh pundi-pundi uang mereka.

Yaitu dengan membuat sendiri suku cadang-suku cadang palsu terutama pada bagian busi. Disamping itu juga harga busi asli yang lumayan tinggi.

Untuk menghindarkan diri agar tidak terjerat perbuatan oknum-oknum ‘nakal’ tersebut, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membedakan antara busi yang asli dengan yang palsu.


5 Cara Life Hack Saat Memasak di Dapur, Jadi Makin Gampang!

1. Perbedaan paling dasar bisa dilihat pada bagian kode setiap busi. Terdapat kode tersendiri pada setiap busi yang artinya hanya diketahui oleh pihak produsen asli, untuk busi palsu biasanya bagian kode tercetak tidak rapi dan acak-acakan.

2. Bagian ulir atau drat biasanya dibuat dengan rapi dan halus, untuk memastikannya sebelum membeli mintalah penjual untuk menunjukkan jenis merk busi yang berbeda sebagai perbandingan.

3. Keramik isolator, pada busi yang palsu biasanya lapisan keramik berwarna lebih cerah. Sedangkan pada busi yang asli lapisan keramik berwarna sedikit gelap atau doft.

4. Plating metal shell, pada busi asli digunakan plating baja yang kuat dan tidak mudah berkarat. Sedangkan pada busi palsu biasanya terdapat titik-titik karat dibagian plating-nya.

5. Bagian elektroda busi, yang memiliki fungsi untuk menyemburkan bunga api dibuat lebih rapi. Sedangkan pada busi yang palsu penempatan part terlihat kurang presisi dan terkadang terlihat tidak sama.

6. Gasket atau ring. Pada busi asli terlihat lebih kokoh dan halus, sedangkan yang palsu bentuk gasket biasanya tidak rapi dan bekas potongannya pun lebih mudah dilepas.

Secara tidak langsung memang sulit untuk membedakan antara busi asli dan palsu, tetapi anda dapat melakukan beberapa tes dengan cara menggunakannya setelah beberapa jam kemudian dilepas, selanjutnya coba anda putar kepala busi, jika ikut berputar maka kemungkinan bahwa busi tersebut adalah busi palsu menurut Suprianto selaku Technical Support PT NGK busi Indonesia.

Ditulis oleh: Rizky Pratama

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Jangan Sampai Salah! Ini Cara yang Benar Mengganti Air Wiper Mobilmu

Halaman: 
Admin : Raka Kisdiyatma