logo


Singgung Khilafah, PA 212: Khilafah Itu Sistem yang Sesuai dengan Pancasila

"Dengan khilafah itulah kemudian negara ini akan menjadi lebih baik, terus apa yang salah"

19 Juli 2019 09:04 WIB

Ilustrasi Aksi PA 212
Ilustrasi Aksi PA 212 Jitunews/Khairul Anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua Persaudaraan Alumni (PA) 212, Ustazz Asep Sarifudin mengatakan wacana sistem khilafah yang akan diterapkan di Indonesia tak bertentangan dengan UUD 1945.

"Justru kalau kita konsisten dengan pengertian Pancasila yang termaktub dalam pembukaan UUD 45, sistem khilafah itu adalah sistem yang sesuai dengan Pancasila," kata Asep di Jakarta (18/7).

Baca Juga: Gak Terima Dibandingkan dengan Dena Rachman, Lucinta Minta Disamakan Syahrini, "Sama Cantiknya"


Tak Akan Undang Prabowo, Ini 4 Poin yang Dibahas dalam Ijtimak Ulama IV

Pasca Pertemuan Jokowi-Prabowo, Gerindra Diprediksi Dapat 3 Kursi Penting, Apa Saja?

Ia pun menjelaskan dalam perumusan preambule UUD 1945, ada perdebatan antara 7 kata pada sila satu Pancasila, yaitu 'dengan kewajiban menjalankan syari'at Islam bagi pemeluk-pemeluknya'. Ketujuh kata itu mengikuti kata 'Ketuhanan', sama seperti yang telah diberitakan Telusur.com (18/7).

Lebih lanjut, tokoh Muhammadiyah, Ki Bagoes Hadikoesoemo memberi ide untuk mengganti 7 kata itu menjadi 'Ketuhanan Yang Maha Esa'.

"Darimana Ki Bagus Hadikoesoemo mengusulkan Yang Maha Esa itu? Itu dari surat Al-Ikhlas 'Qul huwallahu ahad'. Artinya, Ketuhanan 'Yang Maha Esa' itu berdimensi Tauhid. Kalau, sistem khilafah itu adalah sistem yang digariskan oleh Al-Qur'an sesuai dengan surah Al-Ikhlas," imbuhnya.

Tak Kenal Oposisi atau Bukan, Pengamat Sebut Dua Partai Ini Selalu Dapat Jatah Kursi Menteri

Justru ia mengatakan dengan sistem khilafah, Indonesia akan menjadi lebih baik. "Kalau misalkan orang Islam punya konsepsi bahwa dengan khilafah itulah kemudian negara ini akan menjadi lebih baik, terus apa yang salah," tandas Asep.  

Akui Dirinya Dipecat dan Diancam Tim Prabowo, Novel: Saya Merasa Terancam Keselamatannya

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata