logo


2019, Produsen Solar Panel JSKY Genjot Penjualan di Pasar Domestik dan Global

Jackson menungkapkan, potensi bisnis industri tenaga surya berada di angka US$11 miliar atau ada sekitar 55 juta rumah yang dipasangi panel surya.

18 Juli 2019 21:37 WIB

Direktur Utama PT Sky Energy Indonesia Tbk (JSKY), Jackson Tandiono
Direktur Utama PT Sky Energy Indonesia Tbk (JSKY), Jackson Tandiono Jitunews/Riana

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktur Utama PT Sky Energy Indonesia Tbk (JSKY), Jackson Tandiono, menilai, potensi pasar panel surya ke depan masih cukup besar, baik di dalam negeri maupun ekspor.

Jackson mengungkapkan, potensi bisnis industri tenaga surya berada di angka US$11 miliar atau ada sekitar 55 juta rumah yang dipasangi panel surya.

“Sudah ada sekitar ratusan rumah yang telah kami pasangi panel ini. Namun, kami berencana untuk mulai agresif memasarkan ke pasar Business to Consumer (B2C) pada akhir tahun ini,” kata Jackson, di Jakarta, Kamis (18/7).


Wow! PLTS Atap di Rumah Menteri ESDM Bisa Menghemat Hingga….

Lebih jauh, Jackson pun mengklaim, perusahaannya telah terlibat hampir 10 tahun dalam mendukung program pemerintah untuk meningkatkan ketersediaan listrik di daerah tertinggal.

"Sampai hari ini kita mempunyai pasar hampir 50% ekspor, jadi omzet kami itu 50% nya hasil ekspor seperti ke Amerika, Eropa, dan Kanada. Tentu di dalam negeri kami juga sudah cukup lama mengerjakan proyek-proyek Pemerintah. JSKY menguasai sekitar 80 persen proyek pemerintah yang umumnya berupa proyek pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di desa-desa," beber Jackson.

Jackson menambahkan, pihaknya pun kini terus berupaya menjaga agar sektor dalam negeri dan ekspor tetap seimbang.

"Untuk mendukung rencana tersebut, kami akan mendirikan empat area service center yang tersebar di Jakarta. Pembangunan empat service center akan dimulai bertahap terhitung sejak akhir tahun 2019" imbuh Kackson.

Jackson menambahkan, pasar domestik saat ini masih diramaikan oleh produk-produk impor. Padahal, Pemerintah juga telah berkomitmen untuk mencapai target pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) hingga 23% pada 2025, dengan proyeksi energi surya meningkat dari 5.000 MWp pada 2019 menjadi 6.400 MWp pada 2025.

“JSKY mengambil kesempatan strategis tersebut untuk masuk ke pasar dalam negeri. Sebagai produsen solar panel, kami memproduksi sendiri panel surya di Indonesia, termasuk memberi layanan solusi kepada konsumen,” papar dia.

Aksi Bersihkan Sampah Ciliwung, Pertamina Diganjar MURI

Halaman: 
Penulis : Riana, Admin