logo


MediaTek Rilis Chipset Smartphone Gaming Pertamanya

Perusahaan asal Taiwan itu mengumumkan keberadaan Helio G20 melalui sebuah gambar, yang diunggah di jejaring sosial Weibo.

18 Juli 2019 21:24 WIB

MediaTek Helio G90
MediaTek Helio G90 GSMArena.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kesuksesan sebuah smartphone gaming tentunya tak leoas dari peranan chip yang digunakan. MediaTek selaku produsen chip telah mengumumkan chipset untuk smartphone gaming pertamanya, yakni Helio G90.

Perusahaan asal Taiwan itu mengumumkan keberadaan Helio G20 melalui sebuah gambar, yang diunggah di jejaring sosial Weibo. Sayangnya, MediaTek tidak mencantumkan informasi lain tentang chipset tersebut. Kendati demikian, bocoran tentang performanya telah beredar.

Baca juga: The Lion King Diperkirakan Akan Raup USD180 Juta


Viralnya FaceApp Ternyata Mengancam Keamanan Negara AS?

G90 diprediksi berbasis pada Helio P90, yang memiliki CPU dengan dua inti Cortex-A75 (2.2GHz) dan enam inti A55 (2.0GHz). Sementara untuk GPU, hardware itu disokong Imagination PowerVR GM9446 (970MHz), yang menjanjikan peningkatan 15 persen dibandingkan Mali-G72 yang ada pada Helio P70.

Untuk GPU pada chipset G90 ini, MediaTek dinilai meningkatkan pengalaman gaming dengan modus khusus, seperti yang dimiliki chipset Kirin. Smartphone gaming sendiri tampak kian populer.

Namun, muncul kritikan karena kebanyakan di antaranya menggunakan chipset yang sama seperti flagship smartphone non-gaming. Kehadiran Helio G90 dan produk serupa dari Qualcomm, Snapdragon 855 Plus, diharapkan dapat memberikan pengalaman gaming jauh lebih baik.

Mediatek Perkenalkan Prosesor S900 Khusus Perkuat Smart TV

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu