logo


Mediatek Perkenalkan Prosesor S900 Khusus Perkuat Smart TV

Prosesor ini dikatakan sudah diproduksi secara massal dan diharapkan akan hadir bagi konsumen di awal 2020.

18 Juli 2019 19:14 WIB

Chipset Mediatek
Chipset Mediatek Akurat.co

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mediatek telah memperkenalkan prosesor System on Chip (SoC) S900. Chipset ini dikhususkan untuk memperkuat Smart TV yang mendukung resolusi 8K dan komputasi AI berperforma tinggi.

Perusahaan mikroprosesor asal Taiwan ini menjanjikan bahwa Mediatek S900 adaah gabungan CPU dan GPU berperforma tinggi, serta sebuah unit proses AI (APU-AI) untuk mendukung aneka fitur seperti antarmuka pengguna berbasis suara dan kualitas gambar yang ditingkatkan dengan AI. Dengan demikian memungkinkan berbagai Smart TV generasi baru menawarkan pengalaman pengguna secara optimal.

Dilansir dari Tek.id, Kamis (18/7) prosesor ini menggunakan CPU multi-core yang terdiri dari core ARM Cortex-A73 dan GPU multi-core Mali-G52 yang mendukung decoding 8K, HDR10+ dan grafis eksternal yang memungkinkan konsumen melakukan kustomisasi produk. Port antarmuka yang didukung oleh platform S900 mencakup HDMI 2.1A yang menawarkan bandwidth hingga 48 Gbps sehingga cukup untuk mendukung konten HDR10+ dan juga video 4K yang berjalan di 120 Hz atau video 8K pada 60 Hz.


Rilis Pekan Depan, Ini Bocoran Harga dari Realme X di Tanah Air

APU khusus yang ditanamkan di S900 menawarkan AI Picture Quality (AI PQ). Mediatek mengklaim ini merupakan sebuah solusi lengkap yang terdiri dari fitur-fitur AI seperti pengenalan wajah dan pemandangan, yang bekerja sama dengan solusi visi AI Mediatek demi menawarkan sebuah pengalaman Smart TV yang lebih interaktif bagi konsumen.

Mengandalkan AI PQ dan MiraVision-Pro eksklusif dari Mediatek, S900 mampu meningkatkan kualitas gambar menurut konten yang ditampilkannya dengan melakukan optimasi saturasi warna, ketajaman, kompensasi gerak dinamis dan penanganan terhadap noise.

Viralnya FaceApp Ternyata Mengancam Keamanan Negara AS?

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu