logo


Viralnya FaceApp Ternyata Mengancam Keamanan Negara AS?

"FBI dan FTC (Federal Trade Commission) harus melihat risiko keamanan nasional dan privasi saat ini karena jutaan orang Amerika menggunakan FaceApp."

18 Juli 2019 16:07 WIB

FaceApp
FaceApp Fortune

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Belakangan ini FaceApp tengah ramai diperbincangkan. Aplikasi yang mengubah wajah jadi tua secara instan itu banyak dipakai pengguna smartphone.

Namun, seorang politisi Amerika Serikat khawatir dengan hal tersebut. Lewat postingannya di Twitter, Senator Chuck Schumer menilai sangat mencemaskan bahwa data pribadi warga Amerika Serikat bisa jadi dimiliki oleh kekuatan asing, dalam hal ini Rusia. FaceApp memang berasal dari Rusia.

"FBI dan FTC (Federal Trade Commission) harus melihat risiko keamanan nasional dan privasi saat ini karena jutaan orang Amerika menggunakan FaceApp. Ia dimiliki perusahaan Rusia. User disyaratkan harus menyediakan akses penuh pada data dan foto pribadi mereka," tulis Chuck.


Oppo Reno 10X Zoom Gandeng FC Barcelona untuk Edisi Khusus

"Saya punya kekhawatiran serius soal perlindungan data yang dikumpulkan dan apakah user menyadari siapa yang mungkin mengaksesnya," tambah dia.

Di pihak lain, Komite Nasional Demokrat memperingatkan para kandidat presiden tahun 2020 dari Partai Demokrat dan juga para staff untuk tidak menggunakan aplikasi itu karena berhubungan dengan Rusia. Bahkan jika sudah terlanjut diinstall, diminta langsung dihapus.

Rusia memang dicurigai campur tangan dalam kemenangan Donald Trump pada pemilihan presiden tahun 2016. Meski tidak jelas terbukti, Rusia dituding menyebar banyak hoaks melalui media sosial yang menguntungkan Trump.

Sejauh ini, dikutip dari detikINET, belum ada bukti bahwa data user FaceApp diserahkan pada pemerintah Rusia. Pengelola aplikasi pun telah mengeluarkan bantahan.

"Meskipun tim riset dan pengembangan inti berlokasi di Rusia, data user tidak dikirimkan ke Rusia," sebut FaceApp.

Rilis Pekan Depan, Ini Bocoran Harga dari Realme X di Tanah Air

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu