logo


Pertama di Dunia! Sky Energy Luncurkan Surya Panel Berbobot Ringan

J-Leaf dan J-Feather merupakan modul surya berbobot ringan pertama di dunia

18 Juli 2019 14:53 WIB

PT Sky Energy Indonesia, Tbk (USKY) secara resmi memperkenalkan rangkaian\nproduk modul surya inovatif miliknya, yang diberi nama J-Leaf, J-Feather dan J-Bifacial di The Energy Building, Jakarta Selatan, Kamis (18/7).
PT Sky Energy Indonesia, Tbk (USKY) secara resmi memperkenalkan rangkaianproduk modul surya inovatif miliknya, yang diberi nama J-Leaf, J-Feather dan J-Bifacial di The Energy Building, Jakarta Selatan, Kamis (18/7). Jitunews/Riana

JAKARTA, JITUNEWS.COM - PT Sky Energy Indonesia, Tbk (USKY) secara resmi memperkenalkan rangkaian produk modul surya inovatif miliknya, yang diberi nama J-Leaf, J-Feather dan J-Bifacial di The Energy Building, Jakarta Selatan, Kamis (18/7).

J-Leaf dan J-Feather merupakan modul surya berbobot ringan pertama di dunia, yang telah teregistrasi di Japan Patent Office.

"Kami menciptakan inovasi pertama dan satu-satunya di dunia, berupa modul surya berbobot ringan yang kami beri nama J-Leaf dan J-Feather. Produk ini merupakan solusi atas kelemahan modul surya konvensional yang memiliki bobot berat," ujar Jackson Tandiono, Presiden Direktur PT Sky Energy
Indonesia, Tbk saat ditemui pada Kamis (18/7).


"Di Sragen Rakyat Butuhnya Air, Mereka Enggak Minta Kaus atau Apa!"

Produk J-Leaf (5,6 kg/m2) dan J-Feather (3,7 kg/m2) memiliki bobot yang jauh lebih ringan, jika dibandingkan dengan modul surya konvensional yang memiliki berat sekitar 10,2 kg/m2. Namun, keduanya tetap mampu menghasilkan daya maksimum setara 240 Pmax/W, dengan tingkat efisiensi modul surya sebesar 18 persen, dibandingkan modul surya konvensional yang hanya 16 persen.

Hadir dengan desain tanpa bingkai (frameless) dan tanpa sekrup (screw-less) untuk pemasangannya, J-Leaf dan J-Feather memiliki struktur yang sangat tipis, sehingga lebih mudah dalam proses instalasinya, dengan biaya yang lebih sedikit serta tidak akan merusak stuktur atap.

Kelebihan ini membuat produk J-Leaf dan J-Feather aman untuk dipasang di atap perumahan. Struktur J-Feather yang lebih fleksibel bahkan membuat modul surya inovatif ini dapat diaplikasikan di atap garasi dengan bentuk melengkung, electric solar boat dan JSKY flower.

Selain J-Leaf dan J-Feather, JSKY juga memperkenalkan produk J-Bifacial yang dapat menghasilkan lebih banyak daya, karena memiliki wajah modul di kedua sisinya (bifacial). Jumlah daya (kW) yang dihasilkan oleh J-Bifacial meningkat sekitar 5 persen sampai 30 persen, jika dibandingkan modul surya standar.

Setelah 7 Bulan, Pertamina dan Serikat Pekerja Sepakati PKB 2019-2021

Halaman: 
Penulis : Riana, Aurora Denata