logo


Ingin Mata Selalu dalam Kondisi Sehat? Simak Tips Mudah Ini!

Penasaran?

18 Juli 2019 11:01 WIB

ilustrasi
ilustrasi
dibaca 556 x

Manusia memiliki bermacam-macam indera yang melekat di tubuh, yang semua itu penting dan dibutuhkan untuk menjalani kegiatan sehari-hari. Terutama bagian mata yang sangat penting untuk kehidupan manusia, Memeliharanya pun sangat penting agar mereka senantiasa dapat digunakan dengan optimal.

Namun, apa yang terjadi jika indera tersebut mengalami beberapa masalah yang cukup serius? Tentunya akan berpengaruh terhadap kinerja indera yang lain pula. Kita semua pasti tidak ingin hal itu sampai terjadi. Oleh karena itu, kita harus selalu peduli terhadap kesehatan mata kita.

Baca Juga: Mengejutkan Ini Hadiah Sang Ayah ke Salma, Netizen Sampai Bilang, "Generasi Penerus Nikita Mirzani"


Hindari Kebiasaan Ini Agar Terhindar dari Infeksi Mata Saat Pakai Softlens

Tetapi, bagaimanakah cara yang baik agar kesehatan mata tetap terjaga? Tenang, berikut adalah beberapa tips agar kita bisa menjaga kesehatan mata dengan baik.

1. Kurangi radiasi komputer.

Untuk para pengguna yang aktif di depan layar komputer, entah itu pegawai kantoran, anak sekolah, kuliah, atau mungkin hanya sekedar bermain game saja. Terlalu lama menatap ke depan layar komputer dapat menyebabkan mata lelah atau mungkin muncul gejala yang lebih parah lainya. Hal tersebut tentunya memberi dampak yang cukup besar apabila kita hiraukan.

ilustrasi

Hal yang bisa kamu laukan untuk mengatasinya misalnya, dengan menggunakan komputer di ruangan yang cukup cahaya, menggunakan filter pada bagian layar untuk mengurangi silauan cahayanya. Atur posisi monitor 10-15 derajat dari posisi sejajar pandangan lurus manusia. Hal ini bertujuan agar mata tidak cepat lelah serta menjaga bahu dan leher agar tetap nyaman saat beraktivitas didepan layar komputer.

2. Mengkonsumsi cukup buah dan sayuran

ilustrasi

Mata kita sangat membutuhkan vitamin A yang terdapat pada buah dan sayuran, terutama yang terdapat pada buah dan sayuran yang berwarna hijau atau jingga dengan keadaan buah dan sayur yang matang.

Desak Anies Bertindak Soal Aktivitas Diskotik T10, PMDK: Jangan Hanya Janji-janji Saja

3. Hindari polusi dan radikal bebas.

Cara yang paling sederhana, yaitu dengan menggunakan kacamata hitam saat berada diluar ruangan, terutama di jalan. Disamping itu hindari menggosok mata dengan tangan setelah berpergian, sebelum membasuh kedua tangan dengan air bersih. Kotoran yang menempel di tangan dan terbawa dan akan sangat berbahaya bagi mata apabila kita menggosoknya sebelum mencuci tangan

4. Rutin memeriksakan kondisi mata ke dokter.

ilustrasi

Hal ini berguna untuk mengantisipasi dan menghindari masalah-masalah yang akan muncul sedini mungkin.

Berikut tadi adalah beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk menjaga mata agar senantiasa terawat, tetap jaga kesehatan mata Anda ya.

 

Ditulis oleh: Rizky Pratama

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Punya Mata Minus? Wajib Lakukan Olahraga Mata Berikut Ini

Halaman: 
Admin : Nugroho Meidinata