logo


Waduh, Pakar Sebut Jawa Bagian Ini Berpotensi Alami Gempa 8,8 SR dan Tsunami 20 Meter

Kira-kira di mana ya?

18 Juli 2019 09:03 WIB

Ilustrasi bencana alam tsunami.
Ilustrasi bencana alam tsunami. Youtube

YOGYAKARTA, JITUNEWS.COM - Pakar Tsunami dari Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) Widjo Kongko menyebutkan bahwa Pulau Jawa diprediksi akan mengalami gempa bumi dahsyat berkekuatan 8,8 SR dan berimbas ke gelombang tsunami setinggi 20 meter.

Memang seperti yang kita ketahui, Pulau Jawa sendiri berbatasan langsung dengan Samudra Hindia yang terletak di antara pertemuan lempeng Eurasia, Pasifik, dan Australia.

Baca Juga: Seringkali Dikonsumsi, Ternyata Minuman Ini Jauh Lebih Berbahaya Dibanding Minum Bersoda


Tak Berpotensi Tsunami, Getaran Gempa Bali Sampai Jawa Timur

Fairuz Tolak Mediasi, Barbie Kumalasari Bilang, "yang Penting Kita Orang Beragama...."

"Ada segmen-segmen megathrust di sepanjang selatan Jawa hingga Sumba di sisi timur dan di selatan Selat Sunda. Akibatnya, ada potensi gempa megathrust dengan magnitudo 8,5 hingga 8,8," ujar Widjo di Yogyakarta (17/7).

Efek dari gempa tersebut, akan muncul gelombang tsunami setinggi 20 meter dengan jarak sekitar 3-4 kilometer. Dan gelombang tsunami ini akan terjadi 30 menit setelah gempa terjadi. Maka dari itu, ia mengingatkan masyarakat hanya mempunyai waktu 25 menit untuk evakuasi.

"Jika Badan Meteorolgi Klimatologi dan Geofisika membutuhkan waktu  lima menit sejak gempa untuk menyampaikan peringatan dini. Maka masyarakat hanya memiliki waktu sekitar 25 menit untuk melakukan evakuasi atau tindakan antisipasi lain," imbuhnya.

Pascagempa di Maluku Utara, Kementerian PUPR Lakukan Penanganan Tanggap Darurat

Ia pun membeberkan lokasi potensi gempa dan tsunami ini, diantaranya  daerah selatan DIY dari Cilacap hingga Jawa Timur.

Sebelum Gempa Bali, Warga Dihebohkan Ribuan Ikan Terdampar di Pantai Batu Bolong

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata