logo


Sukses Lakoni Bisnis Budidaya Tanaman Hanya dengan Mengikuti Tips Ini

Dibutuhkan pengetahuan yang lebih harus diutamakan sebelum memulai bisnis ini, agar modal yang dikeluarkan tidak terhambur dengan percuma.

17 Juli 2019 19:40 WIB

Tanaman jagung.
Tanaman jagung. dok. Jitunews
dibaca 672 x

Kalangan pebisnis kini menargetkan budidaya tanaman sebagai penghasil kekayaan baru. Hasil yang cukup menjanjikan serta investasi yang relatif lebih rendah menjadi salah satu alasan yang kuat untuk memulai bisnis ini.

Pengetahuan tentang perkebunan menjadi modal utama yang perlu diperhatikan, disamping itu adapula faktor pendukung yang tak boleh diabaikan begitu saja agar bisnis berjalan dengan lancar. Simak tips cara budidaya tanaman yang menguntungkan berikut ini.

1. Memilih tanaman yang cepat panen


Pendaringan Sosialisasikan #2019JadiPetaniPeternakNelayan

Tanaman yang cepat panen serta memiliki nilai jual tinggi akan sangat menguntungkan bila digunakan untuk budidaya. Mudahnya ketika proses penanaman perlu diperhatikan lagi untuk meminimalisir kegagalan di waktu panen. Cermatlah melihat kebutuhan pasar untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

2. Lokasi penanaman yang tepat

Indonesia dikaruniai tanah yang subur dan matahari bersinar sepanjang tahun, curah hujan yang juga melimpah. Faktor iklim ini sangat menguntungkan bagi pembudidaya, tetapi kita tidak bisa memaksakan suatu tanaman harus tumbuh subur pada lokasi tertentu.

Ada tanaman yang tumbuh subur dipegunungan, adapula tanaman yang hanya bisa tumbuh di daerah dataran rendah saja

3. Kenali hama yang sering menyerang

Kenali hama yang sering hinggap pada tanaman yang sedang kita budidayakan, kehadirannya dapat membuat petani merugi karena gagal panen. Penting untuk mengenali jenis hama yang biasa menghinggapi tanaman yang sedang dibudidayakan. Pengetahuan tersebut akan banyak membantu  dalam mengantisipasi serangan hama yang akan datang.

4. Memanfaatkan lahan sempit

ilustrasi

Kurangnya lahan bukan menjadi masalah besar untuk membudidayakan tanaman manfaatkan saja lahan sempit yang ada dengan menggunakan teknik hidroponik. Anda bisa menanam  di atas atap rumah dan ditempat sempit lain.

Jika usaha yang dadakan anda ini berhasil, tak menutup kemungkinan anda dapat memulai usaha yang lebih besar dengan modal usaha dadakan ini. Keuntungan tetap didapat, dan juga anda memiliki tabungan berupa properti yang sangat berharga.

Ditulis oleh: Rizky Pratama

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Luar Biasa, Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Menanam Pandan di Rumah

Halaman: 
Admin : Kesdik Bayu