logo


Prihatin dengan Gempa Bali, Ketua DPR Minta Pemerintah Berikan Bantuan

Bamsoet menyampaikan bela sungkawa dan rasa keprihatinan yang mendalam kepada masyarakat Bali dan Jawa Timur

17 Juli 2019 14:42 WIB

Bambang Soesatyo.
Bambang Soesatyo. twitter @DPR_RI

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyampaikan bela sungkawa dan rasa keprihatinan yang mendalam kepada masyarakat Bali dan Jawa Timur yang mendapat musibah gempa bumi bermagnitudo 5.8 Skala Richter (SR) di Bali.

“Saya meminta pemerintah untuk terus memberikan bantuan yang diperlukan oleh masyarakat terdampak gempa,” ujar Bamsoet di Jakarta, Rabu (17/7).

Politisi Partai Golkar ini mendorong Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Bali dan Jawa Timur untuk terus melakukan pendataan kerusakan terhadap rumah penduduk dan sarana prasarana umum.


Sebelum Gempa Bali, Warga Dihebohkan Ribuan Ikan Terdampar di Pantai Batu Bolong

“Selain itu juga harus melakukan kalkulasi terhadap kerugian yang dialami akibat gempa dan mengkoordinasikan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk segera melakukan perbaikan terhadap bangunan-bangunan yang rusak, agar masyarakat terdampak gempa dapat melakukan aktivitas seperti sediakala,” tuturnya.

Bamsoet juga mendorong Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk terus memberikan informasi terkini kepada masyarakat mengenai kondisi ter-update daerah terkait baik melalui media cetak, siber dan siaran, maupun SMS broadcast sesuai dengan informasi yang disampaikan oleh PVMBG dan BMKG.

Dalam hal ini, masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan tidak mempercayai dengan mudah berita-berita hoaks yang beredar pasca gempa dan hanya mempercayai berita atau informasi dari website resmi BMKG ataupun Pemda, serta menghindari berada di wilayah yang dekat dengan bangunan yang rusak.

“Saya juga mendorong BNPB dan BPBD untuk meningkatkan mitigasi bencana guna menghadapi dampak yang ditimbulkan akibat gempa di wilayah tersebut, mengingat hingga pukul 00.30 WIB masih terjadi dua aktivitas gempa bumi susulan dengan kekuatan 3,1 SR dan 3,7 SR,” pungkasnya.

Bamsoet Bertemu Jokowi, Wasekjend Golkar Nilai Ada Persaingan Perebutan Kekuasaan

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata