logo


Motor Jarang Digunakan? Ini Tips Agar Tetap Prima Saat Ingin Dikendarai

Mencucinya dengan baik saja sudah cukup kemudian simpan motor di tempat yang aman.

17 Juli 2019 13:00 WIB

ilustrasi
ilustrasi
dibaca 591 x

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sepeda motor merupakan alat transportasi yang banyak penggunanya dikalangan masyrakat umum, tak heran lagi karena penggunaannya yang simple dan mudah.

Tapi jika kamu ingin pergi dengan jarak yang cukup jauh dan tidak memungkinkan untuk membawa sepeda motor ke sana, maka alat transportasi yang lain harus jadi pilihan. Alhasil sepeda motor kesayangan kamu harus tetap tinggal di rumah selama kurun waktu itu.

Agar motor tidak kehilangan performanya setelah ditinggal sekian lama, menyimpannya dengan baik adalah salah satu kunci utamanya agar motor tetap nyaman dikendarai walaupun sudah lama tidak digunakan.


Warna Motormu Mulai Kusam? Tenang, Simak Tips Jitu Ini Agar Motormu Kembali Mengkilap

Lantas, bagaimanakah caranya?

Yang pertama dan paling penting adalah kebersihan motor itu sendiri, mencucinya dengan baik saja sudah cukup kemudian simpan motor di tempat yang aman.

Cara yang selanjutnya yaitu semprotkan cairan pelindung pada bagian yang berpermukaan logam untuk menghindari dari kerusakan yang diakibatkan oleh korosi karena kondisi udara yang lembab. Hindari penggunaan cairan pelindung tersebut di bagian-bagian selain logam seperti lampu depan, speedometer, dan yang lainya.

Lalu isi tangki bahan bakar kemudian gunakan stabilitator bahan bakar  guna melindungi tangki bahan bakar dari kerusakan akibat karat, dan membatasi kualitas pengurangan bahan bakar.

Untuk mengatasi bagian silinder, ambil sesendok oli mesin lalu tuangkan kedalam lubang busi. Kemudian hidupkan mesin beberapa kali, guna meratakan oli ke bagian silinder.

Lepas aki motor kemudian letakkan dan simpan di tempan yang aman. Isi aki minimal sebulan sekali untuk menjaga kesehatan aki motor.

Siapkan cover motor untuk menutupi bagian-bagian lain seperti body serta jok motor. Jangan lupa untuk menggunakan standar ganda agar bagian ban motor tetap terjaga karena beban pada bagian ban lumayan berkurang.

Berikut tadi adalah beberapa tips agar motor tetap nyaman dikendarai walaupun jarang digunakan. Tetap rawat motormu walaupun jarang digunakan agar motor senantiasa nyaman saat dikendarai.

Ditulis oleh: Rizky Pratama

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Jangan Disepelakan, Ini Tanda-tanda Motor Kamu Perlu Diganti Oli

Halaman: 
Admin : Vicky Anggriawan