logo


Bandung Dingin! Ditempat Ini kamu Bisa Menemukan Embun Es

Suhu Bandung yang dingin, begitu pula di beberapa daerah sampai terjadi embun es

17 Juli 2019 11:29 WIB

instagram @diengfuntrip
instagram @diengfuntrip instagram @diengfuntrip

JAKARTA - JITUNEWS.COM - Pada rabu dini hari (17/7/19) Bandung memiliki suhu rata-rata 15,4 derajat celcius.

Agus Toni Wijaya selaku kepala BMKG Bandung menjelaskan bahwa suhu di Bandung berubah lebih dingin karena cuaca cerah. Keadaan yang cerah ini menyebabkan cahaya matahari yang menyinari bumi sebagian terpantul kembali ke luar bumi. Jika cahaya tersebut terrpantul ke angkasa maka radiasi panas matahari yang tersimpan di bumi sangat sedikit pada dini hari dan akan menyebabkan pagi/subuh yang relatif lebih dingin dari biasanya.

"Suhu yang dingin dalam beberapa hari terakhir di Bandung Raya maupun secara umum di Jawa Barat merupakan fenomena yang biasa atau wajar yang menandakan datangnya periode musim kemarau," ujar Toni dilansir Jitunews dari Kompas.com via, Rabu (17/7/19)


Wuih! Kabupaten Bandung Potensial Jadi Destinasi Wisata Kelas Dunia

Suhu daerah yang menjadi lebih dingin ini tidak hanya ada di Bandung tapi juga dialami di banyak daerah di Indonesia. Ada beberapa daerah bahkan ditemukan 'embun es'. Embun upas atau juga disebut embun es sering ditemui oleh pendaki gunung saat musim kemarau seperti sekarang. Dieng Plateu, Gunung Bromo, dan Gunung Semeru adalah beberapa daerah favorit pendaki yang sekarang sedang mengalami embun es.

1. Dieng

Dieng merupakan salah satu daerah destinasi wisata yang sering mengalami embun es. Warga Dieng plateu menyebut embun es ini dengan sebutan bun upas. Embun es ini cukup menarik wisatawan tapi fenomena ini juga mempunyai efek negatif pada petani kawasan Dieng. Foto unggahan Instagram @ninda156 dengan keterangan #dieng #embunes (29/06/19).

 

2. Bromo

Kawasan wisata Bromo terkenal dengan lautan pasir berbisik. Foto diambil dari Instagram @lasiafaisal_1405 pada saat 1 Juni 2019. Dalam foto terlihat lautan pasir Bromo terjadi fenomena embun es.

 

3. Gunung Semeru

Gunung Semeru mempunyai ketinggian 3.676 mdpl. Dengan ketinggin tersebut pasti kawasan gunung Semeru mempunyai suhu lebih dingin dari kota Malang. Akhir-akhir ini suhu kota Malang yang menjadi semakin dingin, maka di daerah puncak Semeru wajar jika terjadi fenomena embun es. Tangkapan layar dari akun Instagram @onypmhyn menjelaskan melalui unggahannya, fenomena itu terjadi jam 05.26 am (16/07/19)

Catat! Inilah 5 Kabupaten Terluas di Jawa Timur

Halaman: 
Penulis : Gun-Gun