logo


Sebulan di Rutan Gunung Sindur, Ini Alasan Setya Novanto Balik ke Lapas Sukamiskin

Novanto ketakutan berada satu rutan dengan napi teroris dan bandar narkoba selama di Rutan Gunung Sindur

17 Juli 2019 11:21 WIB

Terdakwa kasus korupsi KTP Elektronik Setya Novanto memasuki ruangan untuk menjadi saksi dalam sidang kasus merintangi penyidikan korupsi KTP elektronik dengan terdakwa Fredrich Yunadi di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (3/5).
Terdakwa kasus korupsi KTP Elektronik Setya Novanto memasuki ruangan untuk menjadi saksi dalam sidang kasus merintangi penyidikan korupsi KTP elektronik dengan terdakwa Fredrich Yunadi di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (3/5). Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Setya Novanto kini sudah kembali ke Lapas Sukamiskin setelah berada di Rutan Gunung Sindur. Novanto 'dihukum' karena ketahuan pelesiran bersama sang istri.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jawa Barat, Abdul Aris, mengatakan bahwa perilaku Novanto berubah. Perubahan perilaku tersbeut dinilai melalui assessment yang dilakukan oleh tim assessor Badan Pemasyarakatan (Bapas) Bogor. Level perubahan Novanto mencapai tingkat medium.

"Indikator assessment dari Bapas Bogor pertama yang bersangkutan sudah berperilaku ke hal yang positif, lalu tingkatannya sudah medium kemudian mempertimbangkan faktor kesehatan dia. Itu tiga hal yang menjadi dasar untuk menempatkan dia kembali ke Sukamiskin," ucap Abdul seperti diwartakan Detikcom, Rabu (17/7).


Sebelum Kepergok Pelesiran Bersama Istri, Kemenhumkam Sempat Sidak Setya Novanto di RS

Abdul menyebut Novanto kerap menaati peraturan dan dari hasil assesment emosi Novanto menunjukkan baik.

"Dia menghormati petugas terus menaati peraturan. Kegiatan kepribadian yang bersangkutan ke arah yang positif. Kalau disuruh mau," tuturnya.

Setya Novanto Jalan-jalan, KPK: Tidak Adil Itu Namanya

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata