logo


Jangan Disepelekan, Keracunan Air Efeknya Mengerikan!

Kok bisa?

17 Juli 2019 09:32 WIB

Ilustrasi - Bustle
Ilustrasi - Bustle

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Minum air putih merupakan salah satu kewajiban agar tubuh kita tidak kekurangan air atau dehidrasi. Tapi, jangan salah minum air putih juga bisa menyebabkan keracunan lho.

Minum air putih dalam jumlah banyak dalam waktu yang singkat dapat berbahaya. Hal ini disebabkan, kadar garam dalam darah di dalam tubuh turun terlalu rendah.

Baca Juga: Sering Dituduh Murtad, Ini Pembelaan Salmafina, "Jujur Aku Kuat Banget di Sini, Hatiku Damai"


Tak Banyak yang Sadar, Minum Air Putih dari Dispenser Ternyata Tak Aman, Ini Bahayanya!

Putuskan Berdamai, Ini yang Dilakukan Dewi Persik dan Rosa Meldianti

Beberapa bahaya, saat minum air putih dalam jumlah banyak, ginjal akan sangat stres karena kelebihan cairan dan hal ini menyebabkan ginjal harus berjuang untuk menyeimbangkan elektrolit dalam darah.

Efek selanjutnya adalah jantung, keracunan air bisa menyebabkan gangguan neurologis karena pergerakan air ke dalam sel-sel otak yang bisa membuat sel-sel di otak membengkak dan menyebabkan disfungsi sistem saraf pusat. Akibatnya, kejang, kerusakan otak, koma, dan bisa berujung pada kematian.

Lalu, apa tanda-tandanya jika kamu keracunan air? Ini 3 tanda yang ditunjukkan oleh tubuh jika kamu keracunan air, seperti yang telah diwartakan Oramimagazine (23/6).

1. Sering buang air kecil, terutama pada malam hari

Jika kita minum terlalu banyak, akan menyebabkan kita sering terbangun pada malam hari untuk buang air kecil. Perlu dicatat, dalam sehari normalnya seseorang akan buang air kecil sebanyak 6-8 kali sehari.

Jika, kamu buang air kecil lebih dari sepuluh kali sehari, mungkin kamu minum lebih banyak air daripada yang dibutuhkan tubuh.

Jarang Diminati, Pekerjaan Ini Ternyata Bergaji Tinggi Lho, Berminat?

2. Merasa mual dan muntah

Ketika mengalami keracunan air, ginjal menjadi tidak membuang kelebihan cairan dan air terkumpul di dalam tubuh. Adapun gejala yang sering muncul adalah mual, muntah, hingga diare.

Puji Amien Rais, Arsul Sani: Itulah Cerminan....

3. Sakit kepala yang berdenyut sepanjang hari

Konsentrasi garam dalam darah akan berkurang, menyebabkan sel-sel di organ seluruh tubuh kita membengkak. Jika konsentrasi garam rendah, sel-sel kita tumbuh termasuk otak di mana otak akan menekan tengkorak. Ini yang menyebabkan sakit kepala yang berdenyut.

 

Tak Selalu Baik untuk Tubuh, Minum Air Putih dengan Cara Ini Bisa Rusak Pencernaan

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata