logo


Waduh, Penelitian Sebut Jus Buah Bisa Menyebabkan Kanker! Kok Bisa?

Apa ya penyebabnya?

16 Juli 2019 18:30 WIB

Jus buah
Jus buah Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Penelitian dari NutriNet-Sante menemukan hal yang mengejutkan. Pasalnya, jus buah yang dikenal baik untuk kesehatan ternyata bisa menjadi penyebab kanker

Penelitian yang dilakukan di Perancis tersebut meneliti tentang hubungan antara nutrisi dan kesehatan. Dalam penemuan pertamanya, peneliti mendapatkan hasil hubungan antara minuman manis dan kanker.

Baca Juga: Sebelum Gempa Bali, Warga Dihebohkan Ribuan Ikan Terdampar di Pantai Batu Bolong


Dikenal Baik, Gula Jagung Ternyata Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Penyakit Ini

Gara-gara Unggah Foto Menu Makanan di Kelas Bisnis, Rius Dilaporkan Garuda Indonesia ke Polisi

Peneliti menggunakan 97 minuman dan 12 minuman dengan pemanis buatan. Di mana minuman tersebut terdiri dari minuman energi, sirup, minuman soda, dan jus buah murni.

Para peneliti awalnya berspekulasi bahwa efek gula pada lemak visceral, kadar gula darah dan peradangan berperan dalam hubungannya dengan minum jus buah atau soda.

Peneliti juga menemukan zat aditif yang ditemukan dalam soda dan pestisida dalam buah juga bisa berdampak. Hasilnya, hasil penelitian minuman yang bebas gula tidak menunjukkan peningkatan risiko kanker.

Sindir Pihak yang Belum Akui Kekalahan di Pemilu 2019, Syarief Abdullah: Ini Artinya Riak-riak

Sama halnya dengan NutriNet-Sante, penelitian yang dilakukan oleh Mathilde Touvier menyebutkan jika seseorang minum manis alami maupun buatan, orang tersebut lebih berisiko mengalami kanker dibanding orang-orang yang memilih minum tanpa pemanis.

Hebohnya, ketika jumlah gula pada jus buah dan soda dibandingkan, ternyata kandungan keduanya serupa. Maka dari itu, jus buah tergolong minuman yang tidak menyehatkan untuk dikonsumsi dalam jangka panjang, seperti yang telah diwartakan Detik.com (12/7).

Tak Banyak yang Tahu, Bahan Ini Ternyata Bisa Menjadi Pengganti Gula Lho

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata