logo


Kemenkop UKM dan Dekranas Adakan Road Show untuk Melatih Para Pelaku UKM

Berikut ulasannya

15 Juli 2019 21:30 WIB

Kemenkop UKM
Kemenkop UKM Doc Jitunews

KALTIM, JITUNEWS.COM - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UKM) dan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) melakukan road show ke berbagai daerah untuk melatih pelaku usaha mikro kecil (UKM) mengembangkan usahanya.

Pada kali ini, sasaran untuk program pelatihan peningkatan kapabilitas sumber daya manusia (SDM) dari pelaku UKM adalah Kalimantan Timur (Kaltim).

Deputi Pengembangan SDM Kemenkop dan UKM, Rulli Nuryanto mengatakan materi-materi pelatihan yang disampaikan kepada 450 peserta di Kaltim yaitu pelatihan kewirausahaan pelatihan vocational pelatihan perkoperasian.


Awas, Rentenir Berkedok Koperasi Marak Jelang Lebaran!

Kemudian konsultasi dan pemberkasan sertifikasi hak cipta produk KUMKM, sosialisasi dan bimbingan teknis dana bergulir LPDB-KUMKM, temu mitra KUKM produk unggulan di daerah, sosialisasi jabatan fungsional pengawas koperasi dan sosialisasi juknis pendampingan KUR Tahun 2019 serta temu konsultasi penguatan kemitraan usaha KUKM berbasis rantai/nilai pasok.

"Peserta saya lihat sangat antusias khususnya keterampilan teknis itu sesuai dengan kebutuhan di sini terutama untuk diversifikasi produk tenun Samarinda. Saya pikir itu akan sangat membantu pelaku UKM untuk meningkatkan kualitas produknya," kata Rulli usai menghadiri pembukaan Pelatihan di Hotel Senyiur, Samarinda, Kaltim, Senin (15/7).

Rulli menyatakan bahwa produk-produk UKM di Kaltim terutama di Samarinda sebenarnya sudah siap ekspor. Namun karena berbagai persoalan teknis dan lainnya hal itu belum dapat dilakukan.

"Kita harapkan dengan peningkatan kualitas produknya akan meningkatkan daya saing dan daya inovasi. Menurut saya, tinggal menambah sentuhan inovasi sendikit saja itu udah siap ekspor," ulas dia.

Kementerian Koperasi dan UKM Dorong Kopdit Lakukan Digitalisasi dalam Sistem Operasionalnya

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Raka Kisdiyatma