logo


Wacana Ibu Kota Baru di Kalimantan, PLN Siap Tunjang Listrik

Sistem kelistrikan di Kalimantan sudah tersambung secara keseluruhan pada 2028 mendatang

15 Juli 2019 16:12 WIB

Ilustrasi PLN
Ilustrasi PLN dok. JITUNEWS.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat ini dikabarkan akan mengumumkan lokasi pemindahan ibu kota baru. Ada dua kawasan di Kalimantan yang digadang-gadang menjadi ibu kota yang baru, yaitu Bukit Soeharto di Kalimantan Timur dan Kabupaten Gunung Mas di Kalimantan Tengah.

Direktur Bisnis Regional Kalimantan PLN, Machnizon Masri, mengatakan bahwa sistem kelistrikan di Kalimantan sudah tersambung secara keseluruhan pada 2028 mendatang.

"Mau di mana saja (ibukota ditempatkan) sebenarnya sama saja, karena sebenarnya Kalimantan secara sistem itu, seperti di Kalimantan Selatan-Timur-Tengah itu sudah satu sistem," jelas dia di kantornya, Jakarta, Senin (15/7).


Ambisi Jokowi Melistriki Seluruh Negeri Baru Terealisasi 10 Persen

Berdasarkan Peta Rencana Pengembangan Infrastruktur Ketenagalistrikan Regional Kalimantan RUPTL 2019-2028, jaringan listrik akan tersebar mulai dari Nunukan di ujung timur hingga ke Sambas di ujung barat.

Rencananya pengembangan pembangkit di Kalimantan sebesar 4.324,8 MW. Selain itu, PLN juga memperluas transmisi dengan target 10.232 KMS dan mengembangkan gardu induk hingga 3.600 MVA.

Rasio elektrifikasi PLN di wilayah tersebut telah meningkat dari 85,1 persen di 2017 menjadi 90 persen pada 2018. Hal itu berimbas pada jumlah desa berlistrik PLN.

Machizon memperkirakan kebutuhan listrik di awal ibu kota baru terbentuk mungkin tidak terlalu besar, yaitu sekitar 1.000-1.500 MW.

"Mengacu ke Putrajaya (ibu kota Malaysia yang dipindahkan dari Kuala Lumpur), itu cuma punya satu mal. Mungkin 500 MW cukup menurut saya. Kalau misalnya nanti kita tahu kebutuhannya sekian, mulainya kan 2024, kan bertahap. Kita bisa saja di RUPTL kalau itu dibaca sampai 2029, kita akan membangun (tambahan pasokan) di Kalimantan 4.000 MW lagi," tutur Machizon.

Ini Keunggulan Kalsel Bila Ditunjuk Jadi Ibukota Baru

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata