logo


Edit Foto Terlalu Cantik, Caleg DPD Digugat ke MK

Penggunaan foto hasil editan termasuk pelanggaran administrasi karena mengubah identitas diri

15 Juli 2019 14:39 WIB

Evi Apita Maya
Evi Apita Maya Istimewa

NTB, JITUNEWS.COM - Seorang calon legislatif Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari Nusa Tenggara Barat, Evi Apita Maya, digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Evi digugat karena dinilai melakukan kecurangan dengan mengedit foto wajahnya hingga terlihat sangat berbeda dari aslinya.

Evi digugat oleh mantan anggota DPR RI dari NTB periode 2014-2017, Farouk Muhammad, dengan berkas perkara nomor 03-18/PHPU-DPD/XVII/2019.


Sandiaga Yakin Programnya Lebih Bagus dari Kartu Sakti, Demokrat: Lanjutkan dengan Bukti

Kuasa hukum Farouk, Heppy Hayati Helmi, menyebut bahwa penggunaan foto hasil editan termasuk pelanggaran administrasi karena mengubah identitas diri

“Dalam pelanggaran administrasi dilakukan tindakan tidak jujur bahwa calon anggota DPD RI Nomor Urut 26 atas nama Evi Apita Maya diduga telah melakukan manipulasi atau pengeditan foto di luar batas kewajaran,” ujar Heppy seperti dilansir dari Tagar, Senin (15/7).

Selain foto, Farouk juga mempermasalahkan mengenai tindakan Evi yang dinilai sengaja mencantumkan logo DPD RI pada spanduk dan baliho yang dijadikan alat peraga kampanye. Padahal Evi belum pernah menjabat sebagai anggota DPD sebelumnya.

Bicara Kisah Jokowi-Prabowo, Demokrat: Pesan Moralnya, Jangan Anggap Remeh

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata