logo


Kamu Ngantuk Usai Makan Siang? Wajarkah atau Gejala Penyakit?

Penasaran?

13 Juli 2019 09:26 WIB

Mengantuk setelah makan
Mengantuk setelah makan Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sesaat usai makan siang pernahkan kamu merasa ngantuk? Jika iya, apa sebabnya, apakah hal tersebut normal?

Tenang, ternyata efek ngantuk usai makan siang merupakan hal yang wajar kok. Hal ini dibenarkan oleh seorang Ahli Gizi, dr. Jovita Amelia Sp.GK. Ia mengatakan rasa kantuk tersebut muncul karena proses fisiologis.

Baca Juga: Rajin Jalan Kaki 10 Menit Per Hari, Ini yang Akan Terjadi pada Tubuhmu


4 Bahaya Makan Malam Sebelum Tidur, Salah Satunya Sebabkan Diabetes!

Awas, Jangan Sampai Salah Milih Warna Mobil, Tanggung Sendiri Akibatnya!

"Sehabis makan siang terus mengantuk itu termasuk proses fisiologi tubuh. Karena makanan masuk ke dalam tubuh kita terus dicerna oleh tubuh di bagian perut, di lambung, di usus. Karena aktifnya bagian situ jadi pembuluh darh banyak yang mengalir ke bagian itu. Jadi, aliran darah ke tempat lain termasuk ke otak pun jadi berkurang, karena itulah kita ngantuk. Itu alamiah sih," ujar Jovita yang telah diberitakan Okezone.com (11/7).

Nah, lalu gimana caranya biar gak ngantuk usai makan?

Jovita menyarankan untuk makan tidak terlalu banyak saat makan. Kemudian, komposisi menu pada makan siang juga harus diperhatikan. Harus seimbang antara karbohidrat, protein, serta lemak.

Putrinya Dikabarkan Pindah Agama, Ayah Salmafina: Demi Allah Menyesal Pernah.....

"Makan bergizi berarti lengkap ya ada komposisi karbohidrat, protein, dan lemak. Usahain ada karbohidratnya. Boleh nasi, kentang, atau roti," imbuh Jovita.

"Usahain juga ada kandungan proteinnya, gunanya untuk menahan lapar juga. Kalau hewani bisa dari daging sapi, ayam, ikan, telor. Nabatinya bisa tahu, tempe, kacang-kacangan, dan jangan lupa serat. Serat itu perlu, bisa dari sayur dan buah," pungkasnya.

Benarkah Rasa Lapar Mampu Membuat Kita Mudah Marah?

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata