logo


Harga Sawit Anjlok, Bamsoet Tuntut Peran Kementan dan Kemendag

"Dinas Perkebunan juga harus mendorong petani untuk melakukan peremajaan perkebunan kelapa sawit yang sudah lebih dari 25 tahun"

12 Juli 2019 16:48 WIB

Bambang Soesatyo.
Bambang Soesatyo. dpr.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong Kementerian Pertanian (Kementan) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama Dinas Perkebunan Daerah untuk segera mencari solusi untuk meningkatkan harga kelapa sawit yang anjlok akhir-akhir ini.

Menurutnya oknum tengkulak yang membeli sawit di bawah harga yang telah ditentukan oleh Dinas Perkebunan Daerah juga harus ditindak tegas.

Baca Juga: Dahnil Sebut HRS Gak Bisa Pulang Karena Ada Kunci Portal, Abu Janda: Kuncinya di Firza Husein


Cara Membudidayakan Jambu Air (1)

“Tindak tegas oknum tengkulak agar petani tidak mengalami kerugian dan meningkatkan peran koperasi agar dapat membeli TBS Sawit sesuai harga yang ditetapkan pemerintah,” ujar Bamsoet di Jakarta, Jumat (12/7).

Politisi Partai Golkar ini juga mendorong Kementan bersama Dinas Perkebunan untuk melakukan penyuluhan kepada petani sawit mengenai fungsi dan keuntungan membentuk atau bergabung dalam kelompok tani.

“Hal ini perlu dilakukan, sehingga para petani yang enggan dapat tertarik untuk bergabung dalam kelompok tani,” tuturnya.

Tak Kalah dengan Sang Kakak, Adik Barbie Kumalasari Ini Dikenal Cantik dan Bijaksana

Dalam hal ini, Bamsoet juga mendorong Kementan bersama Dinas Perkebunan untuk memberikan akses kemudahan bagi para petani dalam mendapatkan pupuk.

“Selain itu, Dinas Perkebunan juga harus mendorong petani untuk melakukan peremajaan perkebunan kelapa sawit yang sudah lebih dari 25 tahun serta memberikan pendampingan dan pelatihan terhadap petani, guna membantu petani meningkatkan jumlah dan kualitas hasil perkebunan,” pungkasnya.

Cara Membudidayakan Jambu Air (2)

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Nugroho Meidinata