logo


Soal e-Rekap untuk Pilkada Serentak 2020, Ini Kata Ketua DPR

KPU bersama Pemerintah Daerah (Pemda) harus memastikan dengan segera kesiapan sarana dan prasarana sistem e-rekap

12 Juli 2019 16:15 WIB

Bambang Soesatyo.
Bambang Soesatyo. twitter @DPR_RI

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Rencana Pemerintah yang akan menerapkan sistem e-rekap di daerah-daerah percontohan yang siap secara infrastruktur, perencanaan, maupun Sumber Daya Manusia (SDM) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 mendapat tanggapan dari Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Menurutnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Pemerintah Daerah (Pemda) harus memastikan dengan segera kesiapan sarana dan prasarana sistem e-rekap di daerah-daerah percontohan.

“Hal ini perlu dilakukan, sehingga Pilkada Serentak 2020 di sejumlah daerah tersebut memiliki hasil Pilkada yang valid dan berlangsung secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil,” ujar Bamsoet di Jakarta, Jumat (12/7).


Partai Pendukungnya Minta Jatah Menteri, Jokowi: Tidak Apa-apa ...

Bamsoet juga mendorong DPR, KPU dan pemerintah untuk mengkaji Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum terkait penerapan e-rekap pada Pilkada Serentak 2020 mendatang.

“Kesiapan seluruh wilayah di Indonesia untuk penerapan sistem e-rekap perlu dilakukan agar baik Pemilu maupun Pilkada, dapat memiliki sistem yang serentak dan sama di setiap wilayahnya,” kata Bamsoet.

Selain itu, Bamsoet juga mendorong KPU bersama Pemda untuk mempersiapkan SDM yang memadai dengan memberikan pelatihan terkait penerapan sistem e-rekap.

“Sehingga dapat menjamin kelancaran, keamanan, dan ketertiban pada pelaksanaan Pilkada Serentak 2020, serta selalu mengedepankan prinsip bekerja dengan transparan, berintegritas, profesional, dan menjaga independensi,” pungkasnya.

Soal Kepulangan Habib Rizieq, Andi Arief: Ini Soal Mudah, Soal Hati Bersih

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Aurora Denata