logo


Kunjungi Pengungsi Pencari Suaka, Adjeng Harap Ada Solusi Terbaik

Adjeng berharap permasalahan mereka cepat selesai dan segera mendapatkan tempat tinggal

11 Juli 2019 21:02 WIB

Adjeng Ratna Suminar mengunjungi pengungsi pencari suaka yang bertahan di trotoar Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (11/7)
Adjeng Ratna Suminar mengunjungi pengungsi pencari suaka yang bertahan di trotoar Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (11/7) Dok. Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mantan Anggota DPR RI, Adjeng Ratna Suminar, mengunjungi pengungsi pencari suaka dari Afganistan, Somalia, dan Sudan yang bertahan di trotoar Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Lokasi berkumpulnya para pengungsi itu tidak jauh dari Kantor United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR), lembaga yang mengurus para pengungsi dan pencari suaka.

Merasa prihatin dengan kondisi para pengungsi, Adjeng kemudian memberikan sumbangan kepada anak-anak pengungsi yang tengah mencari suaka tersebut.


Kedeputian V Bidkor Kamtibmas Gelar Rakor 'Pengungsi dan Pencari Suaka dari Luar Negeri'

Adjeng berharap permasalahan mereka cepat selesai dan segera mendapatkan tempat tinggal.

"Semoga persoalan mereka segera selesai, kita berharap ada solusi terbaik untuk mereka," ujar Adjeng di lokasi, Kamis (11/7).

Adjeng yang memang dikenal sebagai tokoh peduli pendidikan ini mengaku iba dengan kehidupan para pengungsi dari berbagai negara tersebut. Pengungsi yang berkumpul di trotoar tersebut mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah berharap semua imigran pencari suaka asal Afganistan, Sudan, dan Somalia, yang jumlahnya mencapai ribuan, kembali ke Kalideres, Jakarta Barat.

Alasan Saefullah menempatkan semua imigran ke satu tempat agar mereka mudah dikoordinasikan dan didata. Para pencari suaka ini pindah ke Kebon Sirih karena di sanalah kantor UNHCR berada.

"Kami coba tidak jauh dari kantornya yang di Kalideres (kantor Rumah Detensi Imigrasi). Kan di situ sebetulnya mereka difasilitasi. Nah, ada kekurangan bahan makanan, makanya mereka lapor ke UNHCR di sini. Supaya didengarkan mereka menginap," kata Saefullah di Balai Kota, Rabu (10/7/2019) sore.

Puluhan Anggota Geng Motor di Bandung Keliling Bebersih Masjid

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan,Aurora Denata