logo


Tak Disangka, Ternyata Selama Ini Kita Mengonsumsi Plastik, Darimana Sumbernya?

Ternyata ini sumbernya

11 Juli 2019 14:40 WIB

Ilustrasi tumpukan sampah plastik
Ilustrasi tumpukan sampah plastik www.dw.de

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Penelitian terbaru dari Universitas Newcastle dan World Wide Fund for Nature (WWF) menghasilkan penelitian yang mengejutkan. Di mana kita selama sepakan mengonsumsi plastik sebesar kartu kredit.

Penyebab utamanya adalah mikroplastik yang berasal dari bahan makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Lalu, apa saja bahan makanan tersebut yang mengandung mikroplastik?

Baca Juga: PA 212 ke Pengikutnya: Prabowo Sudah Selesai, Jangan Terlalu.....


5 Makanan Ini Terbukti Ampuh Naikan Berat Badan

Berikut beberapa bahan makanannya yang telah diwartakan IDNTimes.com (10/7).

1. Air

Penyumbang terbesar plastik yang ada di tubuh kita adalah dari air yang kita konsumsi setiap harinya, yang datang dari keran maupun air mineral.

2. Makanan laut

Dunia maya dihebohkan dengan kematian hewan laut karena memakan sampah plastik. Nah, hal tersebut adalah bukti makanan laut mengandung mikroplastik, bahkan paling banyak. Ternyata sumbernya dari komestik serta sabun yang kita pakai. Partikel yang disebut microbeads tersebut berakhir di saluran air tanpa sadar dikonsumsi oleh hewan laut.

Awas, Barang Ini Gampang Bikin Kamu Sakit, Cepat Buang!

3. Garam

Bersumber dari National Geographic, 90 persen garam di dunia mengandung mikroplastik. Dan perlu kalian tahu, merek garam meja di Asia yang paling banyak mengandung plastik. Selain itu, jumlah mikroplastik tertinggi ditemukan dalam garam yang dijual di Indonesia.

4. Kantong teh

Cairan panas, polimer plastik, yakni polypropylene harus ditambahkan 25 persen agar bentuk kantong teh tetap terjaga. Di mana polypropylene dapat mengganggu sistem endokrin yang bisa sebabkan masalah kesehatan hingga penyakit kronis lainnya.

Jangan Asal Pilih, Ini Pengharum Mobil yang Pas untuk Kendaraan Kesayanganmu

5. Makanan dan minuman instan

Saat kita mengonsumsi makanan atau minuman instan pasti di labelnya tertulis dilarang diletakkan di bawah sinar matahari langsung. Hal ini dikarenakan bahan plastik mudah terurai menjadi partikel mikro jika terpapar sinar matahari.

Tak mungkin, dalam proses distribusi barang makanan dan minuman tersebut tidak terkena sinar matahari. Oleh karena itu, ecowatch menyebutkan kita menelan 100 partikel mikroplastik setiap makanan dan minuman instan yang kita konsumsi.

Kebiasaan Ini Sering Dilakukan, Padahal Bisa Cepat Merusak Motor Maticmu

6. Madu

Research Gate meneliti sampel madu dari Swiss dan menemukan kandungan mikropartikel berbasis plastik dari partikel alami serbuk sari, propolis, atau  lem lebah yakni zat resin yang dikumpulkan oleh lebah madu dari sumber tumbuhan seperti aliran getah atau tunas pohon, lilin, serta puing-puing yang berkaitan dengan lebah.

Kamu Menderita Asam Lambung? Hindari Beberapa Makanan Ini

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata