logo


Habib Rizieq Wajib Bayar Denda, Demokrat: Kalau Mau Dipulangkan Atas Nama Kemanusiaan

Rizieq diwajibkan membayar denda terkait aturan overstay agar bisa kembali ke Indonesia

11 Juli 2019 12:00 WIB

Imam Besar Front Pembela Islam, Rizieq Shihab.
Imam Besar Front Pembela Islam, Rizieq Shihab. REUTERS/Darren Whiteside

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Belakangan ini publik diramaikan dengan permintaan kepada pemerintah untuk memulangkan Habib Rizieq Shihab. Bahkan, disebutkan bahwa hal itu sebagai syarat rekonsiliasi Prabowo Subianto dengan Joko Widodo.

Sementara itu Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel mengatakan bahwa Rizieq memiliki halangan untuk kembali ke Indonesia. Agus mengatakan bahwa Rizieq diwajibkan membayar denda terkait aturan overstay.

Hal itu mendapat tanggapan dari Kepala Divisi Advokasi dan Hukum Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean. Ferdinand mengatakan bahwa sebaiknya dipulangkannya Rizieq ke Tanah Air atas nama kemanusiaan bukan sebagai syarat rekonsiliasi.


Rekonsiliasi Minta Rizieq Dipulangkan, Puan Maharani: Orang Pergi Sendiri

"Sebaiknya kalau mau dipulangkan atas nama kemanusiaan bukan atas nama rekonsiliasi," ujar Ferdinand seperti dikutip Jitunews dari akun Twitternya, Kamis (11/7).

Sebelumnya, Agus membenarkan bahwa Rizieq memiliki halangan untuk kembali ke Indonesia karena diwajibkan membayar denda. Denda yang dimaksud berkaaitan dengan aturan overstay atau tinggal di suatu tempat lebih lama dari masa yang diizinkan.

"Iya (ada halangan). Bayar denda overstay. Saudi menyebutnya gharamah," ujar Agus seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (10/7).

Menurutnya, Imam Besar FPI itu diharuskan membayar denda lebih dulu sebagai syarat kembali ke Indonesia. Agus mengatakan bahwa visa yang dimiliki Rizieq sudah habis masa berlakunya sejak pertengahan 2018.

Sementara visa yang diajukan Rizieq berjenis multipleentry. Artinya, setiap tiga bulan Rizieq harus keluar dari Arab Saudi untuk memperbarui izin visa.

Agus mengatakan bahwa denda yang harus dibayarkan Rizieq mencapai Rp110 juta per orang. Di sana, Rizieq tinggal bersama empat orang lainnya.

"Satu orang (dendanya) Rp 110 juta. Kalau lima orang, ya tinggal kalikan saja," kata Agus.

Ngabalin Singgung Habib Rizieq yang Kerap Salahkan Pemerintah dan Sekarang Minta Dipulangkan

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata