logo


Tak Banyak yang Tahu, Bahan Ini Ternyata Bisa Menjadi Pengganti Gula Lho

Kira-kira apa saja ya?

9 Juli 2019 20:25 WIB

Gula pasir.
Gula pasir. medicaldaily.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Jika kamu merupakan penderita diabetes dan mengurangi konsumsi gula, sebaiknya kamu simak artikel ini terlebih dahulu. Pasalnya, kali ini Jitunews akan membahas beberapa bahan makanan yang bisa menjadi pengganti gula lho.

Beberapa bahan pengganti gula ini mempunyai indeks glikemik lebih rendah dibanding gula biasa. Indeks glikemik sendiri adalah skala ukur seberapa cepat karbohidrat yang dikonsumsi meningkatkan glukosa darah.

Baca Juga: Dikenal Baik, Gula Jagung Ternyata Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Penyakit Ini


Kemenkes Bakal Terapkan Cukai pada Gula, Alasannya Mencengangkan!

Divonis 3 Tahun Penjara, Habib Bahar Mengaku Tidak Kapok

Penasaran? Yuk simak beberapa bahan makanan yang sama manisnya seperti gula.

1. Madu

Cukup mudah ditemukan di pasaran, tentu madu bisa menjadi alternatif paling mudah pengganti gula. Madu sendiri berasalh dari sari bunga yang dikumpulkan lebah yang kemudian di esktrak dalam bentuk cairan sebagai bahan pangan koloni lebah.

2. Gula aren

Gula kelapa atau gula aren mengandung nutrisi penting seperti zinc, zat besi, kalsiumm, dan potasium. Selain itu fruktosa pada gula kelapa jauh lebih rendah daripada gula putih biasa.

Fruktosa yang rendah akan meminimalisir timbunan lemak dalam tubuh.

Wadah Pegawai KPK Sesalkan Belum Terungkapnya Pelaku Teror Novel Baswedan

3. Stevia

tanaman stevia

Masih terdengar asing, pengganti gula satu ini rasanya 300 kali lebih manis ari gula putih biasa. Stevia tidak memiliki kalori ataupun meninggalkan dampak glikemik sehingga cocok untuk penderita diabetes dan yang sedang diet.

4. Agave nektar

Berbeda dengan gula, esktrak agave memiliki indeks glikemik rendah dan membantu mengurangi sensitivitas insulin sehingga tidak meningkatkan gula darah secara cepat.

Yuk Cek! Ini Tanda-tanda Tubuh Kamu Keracunan Gula

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata