logo


Tak Banyak yang Tahu, Minum Air Putih Terlalu Banyak Ternyata Berbahaya!

Waduh, kok bisa?

9 Juli 2019 18:00 WIB

Ilustrasi - internet
Ilustrasi - internet

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Memang minum air putih baik untuk tubuh. Banyak pakar kesehatan yang menyarankan untuk minum air putih banyak. Tetapi perlu diingat, banyak juga ada aturannya lho, yaitu minimal 8 gelas per hari.

Jika kamu terlalu banyak minum air putih akan mengakibatkan overhidrasi. Di mana kondisi tersebut justru berbahaya bagi tubuh manusia. Kira-kira apa saja ya bahayanya? Seperti yang telah diwartakan guesehat.com (27/6).

Baca Juga: Meski Baik, Ternyata Minum Air Putih Banyak dalam Kondisi Ini Tidak Diperbolehkan Lho


Tak Hanya Bikin Segar, Es Kopi Juga Memiliki Manfaat Bagus untuk Tubuh Lho!

1. Merusak Komposisi Darah

Setiap orang mempunyai plasma darah dengan kekentalan yang terukur. Jika terlalu banyak minum akan menganggu sistem peredaran darah dalam tubuhmu. Hal ini disebabkan darah terlalu encer.

2. Kinerja Jantung Terganggu

Volume air yang meningkat pada tubuh juga akan meningkatkan tekanan darah pada sistem pembuluh darah yanng tertutup yang dikontrol oleh jantung. Efeknya, akan menganggu sistem pembuluh darah dan berpengaruh pada fungsi jantung.

Akui Ayahnya Telah Menikah dengan Puput, Putra BTP: Saya Tidak Terlalu Peduli

3. Ginjal Bekerja Esktra

Volume darah yang meningkat, maka cairan yang harus disaring oleh ginjal juga semakin banyak. Jika hal ini sering terjadi, maka glomerulus (penyaring darah di ginjal) bisa rusak yang akan berefek pada penyakit ginjal.

4. Kekurangan Kadar Natrium

Apabila kandungan air dalam tubuh berlebih, maka natrium menjadi encer yang mengakibatkan volume darah menurun. Eeknya, tekanan darah juga ikut menurun.

Badan Gatal Terus? Awas, Bisa Jadi Kamu Alami Gangguan Hati

5. Ketidakseimbangan Elektrolit

Overhidrasi juga menyebabkan ketidakseimbangan eletrolit, dan hal tersebut ternyata berbahaya lho. Pasalnya, dapat mengakibatkan intoksikasi atau keracunan air yang efeknya bisa mual, sering buang air kecil, dan sistem pernapasan terganggu.

Meski Baik, Ternyata Minum Air Putih Banyak dalam Kondisi Ini Tidak Diperbolehkan Lho

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata