logo


Meski Baik, Ternyata Minum Air Putih Banyak dalam Kondisi Ini Tidak Diperbolehkan Lho

Kira-kira apa ya?

9 Juli 2019 17:00 WIB

Ilustrasi - Bustle
Ilustrasi - Bustle

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Air putih sangat dianjurkan dikonsumsi setiap hari dan dalam jumlah banyak. Hal ini dikarenakan semua sistem yang berjalan di dalam tuuh kita bergantung pada air. Maka dari itu, kamu jangan sampai kekurangan air atau dehidrasi karena akan terjadi kemungkinan terburuk.

Pakar kesehatan menyarankan untuk minum air putih sekurang-kurangnya 8 gelas setiap harinya. Tetapi, ternyata minum air putih juga tidak boleh asal lho. Dalam kondisi tertentu, kamu tidak boleh minum air putih dalam jumlah banyak karena bisa overhidrasi. Di mana overhidrasi bisa berakibat fatal.

Baca Juga: Akui Ayahnya Telah Menikah dengan Puput, Putra BTP: Saya Tidak Terlalu Peduli


Tak Banyak yang Sadar, Minum Air Putih dari Dispenser Ternyata Tak Aman, Ini Bahayanya!

Badan Gatal Terus? Awas, Bisa Jadi Kamu Alami Gangguan Hati

Lalu, dalam kondisi seperti apa kita tidak boleh minum air dalam jumlah banyak? Nah, kali ini Jitunews akan membahas hal tersebut. Berikut beberapa kondisi yang dilarang minum air putih banyak seperti yang telah diwartakan guesehat.com (27/6).

1. Saat Perut Terasa Kembung

Perut kembung menandakan kamu sudah terlalu banyak menampung makanan dan minuman. Jika kamu merasa seperti itu, jangan terlalu banyak minum air putih karena akan membuatmu tidak nyaman sebab perut bisa kram dan sakit.

2. Saat Warna Urin Transparan

Jika air urinmu sudah berwarna bening, menunjukkan bahwa tubuh kamu sudah memenuhi cairan yang dibutuhkan. Nah, jika sudah berwarna bening lebih baik minumlah saat haus saja. Pasalnya, bahaya overhidrasi untuk kesehatan yang paling terasa adalah sering buang air kecil.

Jelang Hari Pajak 14 Juli, Bamsoet Dorong Dirjen Pajak untuk Reformasi Perpajakan

3. Saat Makan

Banyak orang yang mengatakan sebaiknya minum setelah makan. Hal tersebut ternyata benar lho. Jika kamu minum air putih saat makan dapat membuat perutmuu merasa kenyang lebih cepat.

4. Setelah Berolahraga

Minum air putih sesaat setelah berolahraga justru mengakibatkan kadar natrium di dalam aliran darah menjadi rendah. Maka dari itu, tunggu beberapa saat baru kamu bisa minum air putih.

Yuk Rutin Minum Air Putih Hangat Saat Sahur, Ini yang Akan Terjadi pada Tubuhmu

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata