logo


Hendrawan Supratikno Berharap Pimpinan MPR Kedepan Bisa Menyusun Haluan Negara

"Tugas kita sampai tahun 2024 adalah mengembalikan MPR sebagai lembaga tertinggi negara"

9 Juli 2019 10:17 WIB

Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno.
Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota MPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Hendrawan Supratikno berharap Pimpinan MPR mendatang harus bisa menjadikan MPR sebagai lembaga tertinggi dan mengembalikan kewenangan MPR untuk menyusun haluan negara.

"Tugas kita sampai tahun 2024 adalah mengembalikan MPR sebagai lembaga tertinggi negara minus kewenangan untuk memilih Presiden sebagai mandataris," kata Hendrawan di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (8/7).

Baca Juga: Persoalkan Surat Izin Perpanjangan FPI, Mendagri Bilang, "Saya Gak Mau Ada Jebakan"


Sandi Singgung Megawati, Politisi PDIP Jawab, "Mas Sandi Kebakaran Jenggot"

Dalam hal ini, Hendrawan mengatakan bahwa PDI Perjuangan bertekad untuk menjadikan MPR sebagai lembaga tertinggi negara.  

"Dalam Rakernas PDIP perjuangan tanggal 19 Juni yang lalu, yang tertutup,  kembali Ketum kami menegaskan, 'MPR harus menjadi lembaga tertinggi negara supaya dalam Undang-Undang Dasar negara kita ada struktur ketatanegaraan kita'," tuturnya.

Selain itu, Hendrawan juga mengungkapkan pentingnya haluan negara. MPR sudah melakukan kajian soal haluan negara dan Ketua MPR juga sudah mengumumkan pembentukan dua panitia ad hoc, yaitu PAH I mengenai haluan negara yang dipimpin oleh Ahmad Basarah dan PAH II tentang rekomendasi MPR yang dipimpin Rambe Kamarulzaman

Mendagri Buka Suara Soal Rencana Legalitas Poligami di Aceh, "Ini Menyangkut Berbagai Akses"

Menurutnya salah satu rekomendasi MPR periode lalu (2009 - 2014) adalah mengkaji sistem ketatanegaraan Indonesia sekaligus melakukan langkah-langkah melakukan amandemen UUD.

"Oleh sebab itu, kita cari paket pimpinan MPR yang bertekad melakukan amandemen terhadap UUD NRI Tahun 1945," tuturnya.

Sebut Adian Napitupulu Pantas Jadi Menteri Jokowi, Arief: Saya Sudah 21 Tahun Kenal Dia

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Nugroho Meidinata