logo


Pascagempa 7,0 SR di Ternate, BMKG Pantau Gunung Api Bawah Laut, Ada Apa?

Di sekitar Manado dan Ternate terdapat gunung api bawah laut

8 Juli 2019 18:00 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pascagempa 7,0 SR yang terjadi di Ternate, Maluku Utara, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melakukan pemantauann secara intensif pergerakan gunung api bawah laut.

Hal tersebut dibenarkan oleh Deputi Geofisika BMKG, Muhammad Sadly. Di mana di daerah Manado dan Ternate banyak gunung api bawah laut yang hingga sekarang masih aktif.

Baca Juga: Kamu Penyuka Gorengan? Simak Tips Agar Kolesterol Aman Saat Konsumsi Gorengan


Masuk Masa Bangkit, Geologi AS Sebut Wilayah Indonesia Ini Berpotensi Gempa Minimal 9 Magnitudo

Meski Menyehatkan, Kamu Tetap Dilarang Konsumsi Buah Ini di Pagi Hari

"Di sekitar lokasi banyak gunung api di bawah laut di utara Manado dan sekitar Ternate sehingga BMKG terus melakukan pantauan selama tujuh hari ke depan bagaimana kondisi di sana," ujar Sadly saat konferensi pers di Kantor BMKG, Jakarta (8/7).

ilustrasi gunung api bawah laut

Pemantauan tersebut, BMKG juga tidak bergerak sendiri, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Heboh Tulisan 'Terima Kasih Jokowi' di Pesawat, Ferdinand Sebut Garuda ingin Ambil Hati Jokowi

Pada kesempatan itu pula, pihaknya juga selalu memperhatikan gempa bumi susulan yang tercata telah terjadi sebanyak 19 kali. "Terutama gempa susulan yang jumlahnya 19 relatif menurun dan kita berharap bisa stabil tapi yang tidak kalah penting bahwa memantau gunung api bawah laut api sekitar," sambungnya.

Pusat Gempa Ternate di Dasar Laut, BMKG Sebut Banyak Gunung Api

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata