logo


Awas! Jangan Terlalu Banyak Minum Air Kelapa, Bisa Sebabkan Serangan Jantung

Kok bisa?

8 Juli 2019 15:00 WIB

Air Kelapa
Air Kelapa Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Air kelapa merupakan salah satu  minuman yang menyegarkan dikonsumsi, apalagi saat siang hari ketika sinar matahari sedang teriknya.

Tetapi, jangan asal konsumsi air kelapa ya. Karena ada seorang pria sehat yang berumur 42 tahun diketahui memiliki kadar kalium yang cukup tinggi usai bermain tenis dan mengonsumsi air kelapa. Efeknya, ia pingsan dan jantungnya berdetak tidak teratur.

Baca Juga: Disebut Bakal Jadi Menag, Mahfud MD Bilang, "Tidak Ada Tawar Menawar"


Tak Selalu Baik Buat Tubuh, Ini Bahaya yang Ditmbulkan Minum Air Kelapa

Sebut Adian Napitupulu Pantas Jadi Menteri Jokowi, Arief: Saya Sudah 21 Tahun Kenal Dia

Atas kasus tersebut, menurut penelitian yang dilakukan, ia minum sebanyak 8 gelas air kelapa hari itu. Di mana setiap gelas berukuran 325 ml, sehingga ia minum air kelapa saat itu sebanyak 2600 ml.

Sesaat setelah minum air kelapa, ia pingsan kemudian dilarikan ke rumah sakit. Kondisi badannya tidak stabil karena badannya hangat, detak jantungnya tidak teratur, serta tekanan darahnya juga rendah.

Penyebabnya, ternyata kandungan kalium pada air kelapa yang diminum pria itu sebanyak 690 mg kalium sehingga total kalium yang masuk ke dalam tubuhnya sekitar 5.520 mg. Di mana kondisi tubuh manusia dewasa normalnya dalam sehari memerlukan 4.700 mg kalium.

Kamu Hobi Touring? Selamat Kamu Termasuk Orang yang Bahagia dan Jauh dari Stres

Berdasar kasus pria tersebut, bila kamu minum air kelapa terlalu banyak, efek lain yang akan muncul adalah sakit perut, napas yang terengah-engah, keringat dingin, tiba-tiba merasa pusing, dan disertai tekanan dan nyeri pada dada dan lengan.

Selain itu, kalium pada air kelapa juga berpengaruh pada kinerja otot. Efek terparah yang timbul dari minum air kelapa terlalu banyak adalah meningkatkan peluang serangan jantung, obesitas, hingga kanker perut, seperti yang telah diwartakan riau24.com (17/6).

Yuk Keramas Pakai Air Kelapa, Ini Lho Manfaatnya

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata