logo


Kamu Hobi Touring? Selamat Kamu Termasuk Orang yang Bahagia dan Jauh dari Stres

Kok bisa?

7 Juli 2019 20:00 WIB

Jokowi touring bersama rekan-rekan dan para riders di Pelabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (8/4)
Jokowi touring bersama rekan-rekan dan para riders di Pelabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (8/4) Instagram @seftira_hanggara

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Touring atau berkendara sepeda motor jarak jauh bersama-sama ternyata mempunyai fakta yang mengejutkan lho. Jika kamu hobi touring, kamu termasuk orang yang bahagia, kok bisa?

Hal ini dikarenakan adrenalin ketika melakukan touring cenderung meningkat yang mendorong pembentukan endorphin dalam tubuh. Di mana endorphin adalah zat yang memicu rasa senang.

Baca Juga: Kamu Sulit Tidur? Yuk Gunakan Teknik 4-7-8, Dijamin Kurang dari 1 Menit Langsung Tidur


Jangan Sembarangan Bersihkan Busi, Coba Gunakan Cara Ini

Tak Kunjung Hamil, Gak Perlu Gelisah, Ini yang Harus Kamu Lakukan Bersama Pasanganmu

Terpaan sinar matahari juga bisa meningkatkan produksi vitamin D yang bergunna untuk meningkatkan mood seseorang menjadi lebih baik.

Bahkan, hal tersebut juga ada penelitiannya lho Kawan Jitu. Berikut beberapa penelitiannya yang telah diwartakan Grid Health (4/7).

Sebuah penelitian yang dilakukan Ryuta Kawashima, dkk dari University of Tokyo melibatkan 50 orang di mana dibagi menjadi 2 kelompok, yakni orang yang rutin mengendarai motor dan tidak.

Soal Legalitas Poligami di Aceh, FPI Aceh Dukung, "Bupati Minim Punya 3 Istri, DPRA 3, DPR..."

Dari 50 orang tersebut diuji fungsi otaknya dan fungsi kognitifnya. Hasilnya, ketika diuji dengan menghafal sejumlah angka, mereka yang mengendarai motor memiliki hasil 50 persen lebih tinggi.

Berikutnya, studi neurobiologis yang dilakuakn Semel Institute for Neuroscience and Human Behavior UCLA menjelaskan bermotor secara rutin bermanfaat untuk kesehatan mental dan fisik.

Ahli saraf yang terlibat dalam penelitian tersebut, Don Vaughn mengatakan touring mampu memberikan aktivitas baik pada otak.

Jangan Sampai Terkecoh! Ini Tanda-tanda Buah Berformalin

"Otak adalah organ yang luar biasa kompleks. Sampai saat ini, belum ada teknologi yang dapat mengukur dampak buruk pada otak yang ditimbulkan oleh kegiatan bersepeda motor," jelas Don.

Meskipun banyak manfaatnya, touring juga tidak asal dilakukan. Harus dilakukan persiapan dan perlengkapan untuk melakukan touring. Dari motor yang harus diservis terlebih dahulu hingga kondisi fisik biker yang harus fit. Kemudian, perlengkapan berkendara harus lengkap, dari helm, jaket, sepatu, sarung tangan, serta jas hujan.

Ingin Aki Motor Tetap Awet? Cukup Lakukan Hal Ini Setiap Pagi

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata