logo


Perut Buncit Ternyata Membawa Bahaya Bagi Kesehatan

Tumpukan lemak di perut harus diwaspadai, karena sebetulnya kamu sedang menumpuk bahaya.

6 Juli 2019 10:55 WIB

Perut Buncit
Perut Buncit

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Banyak orang yang menganggap perut buncit bukanlah sebuah masalah, khususnya kaum pria. Namun, sebaiknya kamu tidak bangga dengan lebarnya lingkar perut. Tumpukan lemak di perut harus diwaspadai, karena sebetulnya kamu sedang menumpuk bahaya.

Seseorang disebut memiliki perut buncit bila ukuran lingkar pinggangnya lebih dari 95 cm, sementara pada wanita bila lebih dari 80 cm. Lemak di perut bukan sebatas pada lapisan lemak yang berada di bawah kulit (lemak subkutan) saja, tapi juga termasuk lemak viseral yang berada di bawah perut dan menyelimuti organ-organ dalam.

Berbagai penelitian menunjukkan, lemak yang tersimpan di dalam perut ini tidak berfungsi sebagai cadangan tenaga seperti halnya lemak di bagian tubuh lainnya. Lemak viseral ini secara biologis sangat aktif dan menghasilkan hormon dan zat kimia tertentu sehingga menyebabkan gangguan keseimbangan hormonal dan gangguan metabolisme.


5 Makanan Ini Sering Dikonsumsi, Padahal Bikin Jantung 'Mati Muda'

Zat dan hormon yang dihasilkan oleh lemak perut ini lama kelamaan akan memicu peradangan (inflamasi). Hal ini pada akhirnya bisa memicu berbagai penyakit. Seperti penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes melitus, kanker kolorektal, hingga risiko henti napas saat tidur (sleep apnea).

Untuk menghindari itu semua, sebaiknya mulai sekarang kamu mulai mengubah gaya hidup. Sebab, pada dasarnya lemak perut bisa dihilangkan. Hanya saja kamu butuh kesabaran, usaha dan konsistensi.

Mulailah dengan membatasi makanan yang terlalu banyak mengandung kolesterol dan lemak jahat lainnya. Selain itu, bergeraklah lebih banyak. Tak hanya dengan olahraga rutin, ambil jeda setiap satu jam dan bergeraklah.

Sumber: 1Health

Camilan yang Cocok untuk Penderita Maag Agar Tak Kambuh

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu