logo


Masuk dalam 100 Besar Koperasi Beprestasi Dunia, Menteri Koperasi Apresiasi Kisel

“Pencapaian Kisel sebagai peringkat sembilan empat dunia akan menjadi contoh bagi koperasi koperasi lainnya"

5 Juli 2019 18:38 WIB

Menteri Koperasi dan UKM, Puspayoga dan pengurus Kisel
Menteri Koperasi dan UKM, Puspayoga dan pengurus Kisel Jitunews/Khairul

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Koperasi dan UKM, Puspayoga mengapresiasi Koperasi Telekomunikasi Selular (Kisel) yang menduduki peringkat 94 dalam jajaran 300 koperasi besar dunia yang dirilis oleh World Cooperative Monitor (WCM) Tahun 2018.

Diketahui Koperasi Kisel merupakan satu-satunya koperasi dari Indonesia yang tercantum namanya dalam peringkat koperasi dunia tersebut. Koperasi Kisel menduduki peringkat 1 pada kategori Other Services atau Lainnya dengan penilaian berbasis rasio pendapatan koperasi berbanding PDB Nasional. Di kategori ini, Kisel mengungguli selectour dari Prancis dan Koperasi Permodalan Felda Malaysia Berhad dari Malaysia.

Baca Juga: Tak Melulu Baik, Konsumsi Sayuran Ini Tiap Hari Justru Bisa Menganggu Kesehatanmu


Kementerian Koperasi dan UKM Dorong Kopdit Lakukan Digitalisasi dalam Sistem Operasionalnya

“Tentunya ini merupakan kabar yang menggembirakan khususnya bagi perkoperasian di Indonesia. Kementrian sendiri telah mengeluarkan kebijakan reformasi total koperasi, yang dilaksanakan dalam tiga langkah strategis yaitu rehabilitasi, reorientasi dan pengembangan,” ujar Puspayoga di Kementrian Koperasi dan UKM, Jakarta, Jumat (5/7).

Dia mengatakan capaian yang didapatkan Koperasi Kisel itu akan menjadi contoh koperasi-koperasi lain yang ada di Indonesia.

“Pencapaian Kisel sebagai peringkat sembilan empat dunia akan menjadi contoh bagi koperasi koperasi lainnya agar dapat tumbuh besar dan memelihara profesionalisme,” tuturnya.

Soal Wacana Gabungnya PAN ke Jokowi, Amien Rais Berpesan, "Jangan Kita Rabun Ayam"

“Kami juga mendorong Kisel yang sudah memiliki lima anak usaha berbentuk PT, agar berani mengikuti anak usahanya di bursa saham,” imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Pengurus Kisel, Suryo Hadiyanto mengatakan capaian ini bukan yang pertama kalinya Kisel masuk dalam jajaran koperasi besar dunia dalam laporan tahunan WCM.

Menurutnya Kisel pernah menduduki peringkat 128 dunia berdasarkan rasio omzet terhadap PDB nasional pada laporan WCM yang dirilis pada tahun 2014.

“Kami sangat bersyukur bahwa dengan pencapaian ini, Kisel dapat turut membawa nama besar koperasi Indonesia dimata dunia. Terlebih dilihat dari peringkat, menunjukkan kenaikan posisi Kisel dari rilis sebelumnya. Hal ini akan menjadi penyemangat bagi kami untuk selalu meningkatkan Performa dari tahun ke tahun,” ujarnya.

Baik untuk Penderita Hipertensi, Bawang Putih Ternyata Berbahaya Bagi Penderita.....

Dalam hal ini, Suryo mengungkapkan Kisel dalam menjalankan usahanya berkecimpung di bisnis distribusi dan penjualan produk telekomunikasi, jasa infrastruktur telekomunikasi dan power engineering dan jasa umum.

Menurutnya saat ini, Kisel sedang membidik bisnis digital dengan membangun platform, chanel dan aplikasi yang terintegrasi dengan bisnis eksistingnya sehingga ke depan diharapkan Kisel semakin siap berpartisipasi aktif dalam Era industri 4,0.

“Dan untuk mendukung hal tersebut, Kisel pun mencanangkan Transformasi bisnis dan organisasi dengan mengedepankan people, prosedure dan system,” pungkasnya.

Kemenkop Minta Koperasi dan UMKM Jangan Ketinggalan Zaman

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar, Nugroho Meidinata