logo


Baik untuk Penderita Hipertensi, Bawang Putih Ternyata Berbahaya Bagi Penderita.....

"Secara umum, memang bawang putih ini dapat memperlambat..."

5 Juli 2019 15:54 WIB

Familinia/Bawang Putih
Familinia/Bawang Putih

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Bawang putih dikenal sebagai bumbu masakan yang banyak manfaatnya, salah satunya adalah mencegah dan mengobati tekanan darah tinggi (hipertensi).

Namun, tak selamanya baik, bawang putih justru berbahaya jika dikonsumsi oleh pengidap penyakit satu ini, yakni maag.

Baca Juga: Masuk Masa Bangkit, Geologi AS Sebut Wilayah Indonesia Ini Berpotensi Gempa Minimal 9 Magnitudo


4 Manfaat Dahsyat Bawang Putih yang Jarang Diketahui Orang!

Meski Banyak yang Meragukan, Subscriber Atta Halilintar Geser Posisi Chris Brown Hingga Adele

Hal ini dibenarkan oleh Pakar Farmakologi dr. Rika Yuliwulandar, M.Hlt.Sc., PhD, Dipl.DK. Di mana ia menjelaskan jika bawang putih dikonsumsi saat perut kosong itu bisa fatal.

"Fakta, para herbalis berpendapat kalau bawang putih dikonsumsi penderita maag dalam perut kosong itu bisa fatal. Berdasarkan penelitian ternyata sama. Bawang putih sifatnya keras, jadi berbahaya bagi penderita maag dan tukak lambung. Konsumsi dengan perut kosong bisa timbulkan mual, muntah, dan tukak," jelas Rika yang diwartakan Viva.co.id (13/7/18).

Meskipun berbahaya, bukan berarti penderita maag sama sekali tidak boleh mengonsumsi bawang putih. Efek mual, muntah, dan tukak akan muncul jika mengonsumsi bawang putih mentah dan dalam kadar tertentu.

Jadi Wakil Indonesia di Forum International, Nono Sampono: Ini Sangat Penting Bagi Perlemen

"Jika dikonsumsi mentah (misalnya berupa acar) atau ada kan beberapa jenis masakan yang pakai bawang putih mentah, itu juga tidak disarankan bagi penderita maag. Lalu kadarnya, jika terlalu sering itu yang memicu," sambungnya.

"Intinya, secara umum, memang bawang putih ini dapat memperlambat pengosongan lambung dan karena itu mungkin kurang baik bagi penderita maag," pungkasnya.

Jaga Stabilitas Harga Bawang Merah dan Bawang Putih, Kementan 'Gercep' Lakukan Ini

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata