logo


5 Makanan Ini Sering Dikonsumsi, Padahal Bikin Jantung 'Mati Muda'

Mulai sekarang, perhatikan lagi asupan makanan kamu, dan batasi kelima makanan ini.

5 Juli 2019 14:06 WIB

Makanan Cepat Saji
Makanan Cepat Saji Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Jantung termasuk organ yang paling penting fungsinya bagi tubuh kita. Karenanya kita harus menjaga kesehatan jantung lewat makanan yang kita konsumsi.

Pakar kesehatan menyebut kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh, garam, dan kolesterol berpotensi merusak pembuluh darah dan jantung. Berikut adalah berbagai makanan yang bisa menyebabkan dampak kesehatan tersebut.

Baca juga: Campurkan Baby Oil dengan Bahan Ini untuk Wajah Cantik Berseri Bebas Komedo


Wajib Konsumsi! Inilah 5 Makanan dan Minuman Penurun Kolesterol

1. Burger

Walau memang belum jelas apakah lemak jenuh benar-benar terkait dengan penyakit jantung, namun memang saat dikonsumsi secukupnya, daging sapi berkualitas tinggi dari sapi yang memakan rumput memiliki manfaat kesehatan kardiovaskular.

"Lemak jenuh dari hewan, terutama saat dikombinasikan dengan karbohidrat, nampak memiliki efek yang merusak bagi kesehatan jantung. Hindari makanan cepat saji, yang cenderung menggunakan bahan-bahan berkualitas lebih rendah dan metode memasak yang tidak sehat," kata Dr Regina Druz, dosen kardiologi di Hofstra University, dikutip dari detikHealth.

2. Ayam goreng

Ayam goreng memang enak, namun daging ayam cukup banyak menyerap minyak, apalagi jika masih ada kandungan lemak atau kulit. Jika mengonsumsinya satu porsi saja, maka kita akan mengonsumsi lemak sebanyak 63 gram, kolesterol sebanyak 350 mg, dan kalori berjumlah 920 kalori.

Jika ayam yang digoreng juga diberi tambahan tepung, maka kita juga bisa mendapatkan tambahan lemak jenuh dan natrium yang bisa semakin memperburuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Karena alasan inilah sebaiknya kita membatasi konsumsinya agar tidak berlebihan.

3. Margarin

Bagi siapapun yang biasa sarapan dengan roti pasti tak akan meninggalkan margarin. Namun margarin, sama halnya dengan saudaranya yang terbuat dari lemak hewani, mentega, mengandung lemak trans yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Baca juga: Penderita Diabetes Tak Boleh Makan 5 Jenis Buah-buahan Ini

Lemak trans umum terkandung dalam margarin padat di suhu ruangan. Agar lebih aman, pilih margarin lembut yang mudah dioleskan yang tidak mengandung minyak yang terhidrogenasi atau tetap gunakan minyak zaitun saja

4. Pizza

Pizza yang nikmat dan mengenyangkan tinggi kandungan lemak jenuh, kalori, dan natrium. Jika kita mengonsumsinya dengan saus dalam jumlah banyak, maka risiko untuk terkena masalah jantung dan pembuluh darah akan meningkat.

5. Spageti atau pasta

Pasta yang dihidangkan secara cepat saji di restoran memiliki tambahan 1430 kalori, 81 gram lemak dengan 41 gram lemak jenuh, dan 4540 natrium. Jika ingin menikmati pasta, cobalah yang terbuat dari gandum. Rata-rata jenis ini hanya mengandung 197 kalori, 0.8 gram lemak, dan merupakan sumber serat.

Jarang Diketahui, Inilah Segudang Manfaat Minum Air Hangat

Halaman: 
Penulis : Kesdik Bayu