logo


Jangan Asal Konsumsi Pisang, Ini Aturan yang Benar

Penasaran?

4 Juli 2019 19:39 WIB

Ilustrasi - internet
Ilustrasi - internet

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kamu penyuka buah pisang? Buah satu ini memang dikenal buah yang kaya akan manfaat. Selain untuk diet, pisang juga dikenal untuk membantu mengatasi sembelit.

Tetapi, kamu jangan asal konsumsi pisang ya. Ternyata makan pisang juga ada aturannya lho.

Baca Juga: 12 Ribu Kali Lebih Mematikan dari Bisa Ular, Tak Disangka, Tanaman Ini Paling Beracun di Dunia


Yuk Rutin Makan Pisang, Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuhmu

Warna Lidah Kamu Merah Hingga Cokelat? Awas, Bisa Jadi Kamu Menderita Penyakit Ini

Menurut Pusat Data Pangan Departemen Pertanian Amerika Serikat menjelaskan satu pisang berukuran dengan berat 118 gram memiliki 105 kalori, 27 gram karbohidrat, 3 gram serat, 0,3 gram lemak, dan 1 gram protein.

Selain itu, pisang juga mengandung 17 persen vitamin C, 12 persen vitamin B, dan 12 persen kalium, 16 persen mangan, serta 18 persen magnesium.

Karena kurangnya kandungan lemak dan protein pada pisang, buah satu ini tidak boleh dijadikan makanan utama, tetapi hanya untuk makanan selingan ataupun makanan ringan.

Kunjungi Sulawesi Utara, Pariwisata Jadi Fokus Jokowi, "Sulut Butuh Tambahan Hotel Banyak Sekali"

Kemudian, mengonsumsi pisang juga harus bersamaan dengan makanan lain yang kaya akan nutrisi, misalnya kenari, selai kacang, telur rebus, atau makanan yang mengadung sumber lemak dan protein sehat.

Kamu bisa mengonsumsi lebih dari satu pisang setiap harinya. tetapi disarankan untuk tidak berlebihan karena bisa berisiko kesehatan terganggu. Menurut beberapa ahli, mengonsumsi 1-3 pisang per hari sudah cukup.

Jika berlebihan, kandungan pati pisang mentah akan berubah menjadi gula saat matang sehingga jika dikonsumsi berlebihan akan membuat tubuh lebih sulit mengontrol kadar gula darah.

 

Tak Disangka, Ini yang Terjadi Jika Kamu Rajin Makan Pisang Tiap Hari

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata