logo


12 Ribu Kali Lebih Mematikan dari Bisa Ular, Tak Disangka, Tanaman Ini Paling Beracun di Dunia

Buah dari tanaman ini mirip rambutan

4 Juli 2019 19:25 WIB

Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Buah dari tanaman jenis ini sekilas mirip dengan buah rambutan. Tapi tenang, tanaman yang dinobatkan paling beracun di dunia bukanlah kerabat dari buah rambutan.

Tanaman dengan nama ilmiah Ricinus communis ini tampak cantik sehingga menjadi banyak menjadi tanaman hias di sekitar rumah. Tetapi, banyak masyarakat yang menyebutnya biji jarak.

Baca Juga: Warna Lidah Kamu Merah Hingga Cokelat? Awas, Bisa Jadi Kamu Menderita Penyakit Ini


Cara Membudidayakan Jambu Air (1)

Kunjungi Sulawesi Utara, Pariwisata Jadi Fokus Jokowi, "Sulut Butuh Tambahan Hotel Banyak Sekali"

Setiap daerah mempunyai nama berbeda dari tanaman racunnya 6 ribu kali lebih mematikan dari sianida ini. Misalnya di Jawa Barat dikenal dengan Kaliki, di Sumatera dikenal dengan Dulang atau Gloah, sementara di Madura dikenal dengan Kaleke.

Lalu, kenapa dinobatkan menjadi tanaman paling beracun?

Seperti yang diwartakan Tribunnews.com (26/6), tanaman ini memiliki biji yang beracun. Bahkan, ada yang menyebutkan racunnya 12 ribu kali berbahaya dari racun ular berbisa.

Saking beracunnya, tanaman ini masuk dalam Guinness Book of World Records edisi 2007 sebagai tanaman paling beracun di dunia. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi biji dari tanaman ini.

Ternyata Mudah, Ini Caranya Jika Kamu Pengen Punya Pelat Nomor Cantik

Bahaya yang ditimbulkan, menurut Gizmodo, menelan 4-8 biji jarak dapat menyebabkan sensasi terbakar dalam mulut dan tenggorokan disertai sakit perut parah. Bahkan dalam 36 jam bisa menyebabkan diare berdarah dan pada 3-5 hari racun tidak disembuhkan akan menyebabkan kematian.

Cara Membudidayakan Jambu Air (2)

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata