logo


Makan Cokelat Bisa Turunkan Tekanan Darah, Benarkah?

Mitos atau fakta ya?

3 Juli 2019 05:26 WIB


JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kamu suka mengonsumsi dark cokelat? Jika kamu penyuka dark cokelat, artinya kamu beruntung. Karena dark cokelat memiliki banyak manfaatnya lhoh, termasuk bisa menurunkan tekanan darah.

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa cokelat memberikan efek positif terhadap kesehatan, salah satunya adalah memiliki efek baik untuk menjaga tekanan darah.

Baca Juga: Diundang JK, Ma'ruf Amin Akan Coba Kantor Wapres


Ini yang Terjadi pada Tubuh saat Kamu Makan Cokelat

Sandi Singgung Megawati, Politisi PDIP Jawab, "Mas Sandi Kebakaran Jenggot"

Peneltian yang dilakukan oleh Polytechnic Institute of Coimbra di Portugal dan University of Gothenburg, Swedia ini melibatkan 2 kelompok. Kelompok pertama mengonsumsi 20 gram cokelat dengan konsentrasi 90 persen dark cokelat.

Sementara kelompok kedua mengonsumsi 20 gram cokelat dengan konsentrasi 55 persen selama 30 hari.

Hasil yang didapatkan ialah, tekanan darah mengalami sedikit penurunan pada kedua kelompok tersebut. Tetapi,  penurunan terliihat lebih nampak pada kelompok yang mengonsumsi cokelat dengan konsentrasi 90 persen.

Tak Perlu Cemas, Ternyata Tilang Elektronik Hanya Berlaku untuk Kendaraan....

Dari penelitian itu, disimpulkan mengonsumsi dark cokelat setiap harinya dapat memiliki dampak yang baik bagi tekanan darah dalam kurun waktu satu bulan. Namun, hasil dari penelitian yang hanya melibatkan 30 peserta ini belum tentu dapat diaplikasikan secara langsung ke masyarakat luas.

Pasalnya, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menjelaskan hubungan dark cokelat dan tekanan darah tinggi. Peneliti juga belum menentukan jumlah yang direkomendasikan untuk dark cokelat setiap harinya, seperti yang diwartakan Klikdokter.com (28/6).

Dijamin Ampuh, Hanya Butuh 2 Menit, Tekanan Darah Kamu Bisa Turun

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata