logo


Tak Perlu Cemas, Ternyata Tilang Elektronik Hanya Berlaku untuk Kendaraan....

Oh, ternyata....

2 Juli 2019 19:45 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ditlantas Polda Metro Jaya mengatakan mulai 1 Juli 2019 telah menambah titik lokasi jenis pelanggaran lalu lintas yang terintegrasi dengan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau lebih dikenal dengan tilang elektronik.

Perlu diingat aturan tilang elektronik tersebut hanya berlaku untuk kendaraan dengan pelat nomor B yang berasal dari DKI Jakarta dan sekitarnya. Untuk pelat nomor yang lain tetap dilakukan penindakan secara manual jika melakukan pelanggaran lalu lintas.

Baca Juga: Sebelum Kursus Mengemudi Mobil, Lebih Baik Kamu Baca Tips Jitu Ini


Arif Wibowo Resmi Pimpin Garuda Indonesia

Awas! Tak Kunjung Menikah Bisa Sebabkan Stroke dan Jantung Lho

"Kami masih melakukan koordinasi dengan Korlantas Polri, karena semua data kendaraan bermotor di Indonesia tercatat semua di Korlantas Polri," terang Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Muhammad Nasir yang diwartakan Tribunnews.com (2/7).

Lebih lanjut, ia membeberkan data di mana persentase pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh kendaraan berpelat nomor B hanya sedikit, kurang dari 10 persen.

Tetapi, ke depannya tilang elektronik akan berlaku untuk semua pelat kendaraan bermotor.

Kamu Menderita Asam Lambung? Hindari Beberapa Makanan Ini

"Jadi menunggu keputusan dari Korlantas Polri dulu. Rencana itu sudah sesuai dengan target kita bahwa bukan hanya pelat B saja tetapi semuanya bisa ditilang melalui sistem elektronik," imbunya.

Sadarkah Kamu? 5 Kalimat Misterius Ini Nyata dan Sering Kita Jumpai

Adapun mekanisme tilang elektronik ini secara otomatis akan mendeteksi pemilik serta kendaraannya yang melanggar lalu lintas.

Pihak kepolisian akan mengirimkan surat tilang dan bukti pelanggaran ke alamat sesuai dengan STNK pada kendaraan tersebut.

Wahh, Usai RUPS 6 Direksi Garuda Dicopot

Halaman: 
Penulis : Nugroho Meidinata